Jumat, 07 Januari 2011

Studi Kelayakan Bisnis

Nama  : Sinthia Pangemanan
Nri      : 070 213 047
TUGAS 6 Manajeman & Kewirausahaan

BISNIS TIKET PESAWAT TERBANG
Sebuah peluang usaha yang biasa, namun memiliki peluang penghasilan luar biasa.
Anda tentu setuju bahwa bisnis tiket pesawat terbang adalah bisnis biasa. Namun
anda juga pasti membenarkan bahwa selama ini anda hanya membeli tiket pesawat
terbang dan membayar harganya namun tidak pernah menikmati se-sen-pun hasilnya.
Padahal bisnis tiket pesawat terbang adalah bisnis yang bernilai Milyaran bahkan
Trilyunan Rupiah.
Namun sejak saat ini, detik ini juga, anda akan ikut menikmati manisnya bisnis
tiket pesawat terbang. Tanpa anda harus memiliki sebuah perusahaan travel agent.
Bahkan anda akan tetap menikmati hasilnya / komisi dari pembelian tiket yang
dilakukan oleh orang lain, dan orang lain tersebut tidak pernah anda kenal sama
sekali.
Manfaat Media Bisnis Tiket Pesawat Untuk Anda
Dengan menggunakan media ini, maka anda akan :
    1. Mendapatkan peluang bisnis riil      untuk mendapatkan penghasilan hingga
milyaran rupiah setiap bulan.
    2. Bisa melakukan pengecekan harga      tiket pesawat, booking tiket pesawat
bahkan cetak tiket pesawat langsung      dari komputer anda, kapan saja dan
dimana saja.
    3. Memiliki usaha riil yakni      bisnis tiket pesawat terbang dengan pangsa
pasar yang sangat luas, yakni      seluruh Indonesia.
    4. Bisa menjual tiket pesawat      tanpa harus memiliki travel agent.
    5. Mendapatkan informasi tentang      jadwal penerbangan, harga tiket dan
ketersediaan seat langsung dari sistem      airline, tanpa tergantung dengan
travel agent manapun.
    6. Bisa mendapatkan dan menjual      produk yang eksklusif yaitu tiket pesawat
terbang.
    7. Mendapatkan pasif income setiap      bulan yang berasal dari komisi
pembelian yang dilakukan orang lain, bahkan      yang tidak anda kenal sama
sekali.
    8. Bisa mendapatkan komisi walaupun      tidak membeli tiket sendiri.
    9. Tidak harus berjualan,      berpromosi, dll.
    10. Keanggotaan Bisnis Tiket      Pesawat untuk selamanya.


Dengan bergabung di Bisnis Tiket Pesawat kita memiliki peluang penghasilan yang
sangat luar biasa. Potensi penghasilan yang bisa anda hasilkan bernilai milyaran
rupiah setiap bulan untuk selamanya. Selama industri penerbangan masih tetap
ada, dan ada orang yang membeli tiket, maka anda akan tetap mendapatkan
komisinya.

Keuntungan / Manfaat Bagi Anda
Potensi Penghasilan Yang Luar Biasa
Potensi penghasilan yang bisa anda dapatkan dengan bergabung di Bisnis Tiket
Pesawat bernilai milyaran rupiah. Penghasilan tersebut anda dapatkan dari komisi
network / jaringan, sponsorisasi dan komisi pembelian tiket pesawat. Sign-In Ke
Sistem Airline
Bagi para travel agent, untuk mendapatkan sign-in ke sistem airline membutuhkan
biaya yang tidak sedikit. Minimal harus mengeluarkan biaya sebesar
Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) untuk mendapatkan 1 sign-in.
Dengan bergabung menjadi member Bisnis Tiket Pesawat, maka anda akan langsung
mendapatkan 3 sign-in sekaligus, untuk masuk ke sistem Mandala Airline, Merpati
Airline dan Citilink.
Cek Seat, Cek Harga, Booking Tiket dan Cetak Tiket Sendiri
Dengan kedua sign-in di atas, maka anda bisa melakukan cek jadwal penerbangan,
cek ketersediaan kursi, cek harga, booking tiket dan cetak tiket sendiri.
Langsung dari komputer anda. Langsung ke sistem airline. Transparan. Tanpa
markup harga. Kapanpun dan dimanapun.
Anda Bisa Mencarikan Tiket Pesawat Untuk Orang Lain
Jika anda membeli tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit, maka pemegang /
pemilik kartu kredit harus juga ikut memesan. Atau anda hanya bisa membeli tiket
bagi diri sendiri.
Dengan membeli tiket di sini, anda bisa membelikan untuk orang lain. Kolega
anda, saudara anda atau siapapun. Anda tidak diharuskan untuk ikut terbang.
Bahkan anda bisa tetap menikmati komisi saat ada orang lain dalam jaringan anda
yang melakukan pembelian tiket.
Mohon maaf, untuk sementara waktu kami belum bisa menerima pembayaran dengan
menggunakan kartu kredit. Kami hanya menerima pembayaran dengan menggunakan
transfer bank.
Tidak Harus Punya Kartu Kredit Untuk Beli Tiket
Kebanyakan website yang menjual tiket pesawat menerima pembayaran dengan
menggunakan kartu kredit. Bagaimana jika anda tidak punya kartu kredit?? Anda
bisa membeli tiket pesawat di sini.
Dirikan Usaha Dengan Modal Minimal
Dengan bergabung di Bisnis Tiket Pesawat, maka anda bisa menjual tiket kepada
orang lain. Dengan demikian berarti anda telah memiliki suatu usaha layaknya
sebuah travel agent.
Sistem-sistem Yang Telah Teruji
Kami memberikan sistem-sistem yang telah teruji dan terbukti berhasil memberikan
keuntungan bagi para member. Sistem-sistem itu antara lain adalah :
    1. Randomizer, sebuah sistem sponsorisasi acak yang akan memilih      salah
satu member yang telah aktif secara acak sebagai sponsor jika ada     
pengunjung website www.bisnis-tiket-pesawat.com yang datang tanpa     
menyertakan kode sponsor. Dengan demikian walaupun anda tidak aktif     
berpromosi, masih ada kemungkinan untuk mendapatkan member dan mendapatkan     
komisi sponsor.
    2. Automatic Spill-Over, jumlah member yang ada di level 1 dibatasi maksimal     
sebanyak 10 orang saja. Jika ada member ke 11, maka member tersebut secara     
otomatis akan dilimpahkan ke level kedua. Hal ini berarti bahwa      orang-orang
yang bergabung sebelum anda akan tetap membantu anda untuk      mendapatkan
member bagi anda.
    3. Website Replika, begitu keanggotaan anda diaktifkan, maka anda juga     
mendapatkan website replika yang memiliki bentuk sama dengan website ini.     
Anda tidak perlu membuat website lagi. Alamat URL website replika anda     
adalah http://www.bisnis-tiket-pesawat.com?id=useridanda
    4. Full Report, anda akan mendapatkan laporan secara lengkap. Laporan     
tersebut meliputi member yang ada dalam jaringan anda, baik yang sudah     
aktif maupun yang belum aktif, komisi yang anda dapatkan setiap bulan,      baik
komisi dari anda sendiri maupun komisi dari member-member di bawah      anda.
5.      Potensi Penghasilan
6.      Pertanyaan paling mendasar dari para member yang ingin bergabung pada
suatu bisnis adalah Berapa Potensi Penghasilannya Jika Bergabung??
7.      Potensi penghasilan di bisnis tiket pesawat sangat luar biasa, hingga
mencapai trilyunan rupiah. Penghasilan itu akan anda dapatkan dari :
8.      Komisi Jaringan
9.      Besarnya komisi jaringan yang bisa anda dapatkan ditunjukkan pada tabel
di bawah ini.

10. 

11.  Anda akan mendapatkan komisi hingga kedalaman 10 Level, bahkan dari orang
yang tidak anda kenal sama sekali. Total komisi yang bisa anda dapatkan dari
komisi jaringan ini adalah Rp. 55,561,122,300,000.00 suatu nilai yang sangat
luar biasa.
12.  Jika anda menyangkal bahwa itu hanyalah hitungan saja, ok...... mari kita
berpikir agak pesimistis, jika seandainya usaha anda hanya berhasil 1% saja,
maka anda masih memiliki peluang penghasilan sebesar Rp. 555,611,223,000.00 dan
ini masih merupakan hasil yang sangat luar biasa.
13.  Komisi Penjualan Tiket Pesawat
14.  Disamping komisi tersebut di atas anda juga akan mendapatkan komisi dari
penjualan tiket pesawat. Besarnya komisi ini ditunjukkan pada tabel di bawah
ini.


15. 
16.  Asumsi : Masing-masing member hanya membeli 1 tiket setiap bulan dan profit
per tiket adalah Rp. 10.000,-. Pada kenyataannya seringkali orang membeli tiket
pesawat tidak hanya 1 buah, akan tetapi beberapa tiket sekaligus. Dengan
demikian maka komisi untuk anda akan lebih besar lagi. Profit yang dibagikan
kepada member sebesar 60%, sedangkan admin hanya 40% saja.
17.  Komisi Sponsorisasi
18.  Besarnya komisi sponsorisasi dari setiap member yang berhasil anda sponsori
adalah Rp. 30.000,-. Sedangkan jumlah yang boleh anda sponsori jumlah tak
terbatas tergantung keinginan dan semangat anda. Dengan demikian jumlah komisi
sponsorisasi adalah tidak terbatas.
19.  Biaya Keanggotaan
20.  Untuk mendapatkan seluruh komisi di atas, sign-in mandala air, merpati air,
citilink, website replika dan peluang bisnis ini memang anda diharuskan untuk
membayar biaya keanggotaan. Biaya keanggotaan hanya anda bayar sekali saja untuk
selamanya.
21.  Besarnya biaya keanggotaan untuk bergabung di bisnis tiket pesawat adalah
Rp. 200.000,- saja. Tanpa ada iuran tahunan atau biaya yang lain.
22.  Dari total biaya keanggotaan sebesar Rp. 200.000,- yang 75% yakni sebesar
Rp. 150.000,- akan dikembalikan lagi ke member (upline-upline dan sponsor anda)
sebagai komisi jaringan dan komisi sponsor. Dengan demikian yang diperuntukan
kepada admin bisnis tiket pesawat hanya Rp. 50.000,- saja.


Marina Paath
070 213 048
Membangun Usaha Warnet yang Kompetitif
Usaha warnet sebenarnya cukup mudah untuk didirikan dan dijalankan. Betapa tidak, dengan membeli komputer, misalnya 10 buah, kemudian menginstalnya dengan software, lalu membuat jaringan agar komputer satu dengan yang lainnya terhubung, dan akhirnya mengalirkan koneksi internet ke jaringan tersebut, maka jadilah usaha warnet.
Untuk mengelolanya juga tidak diperlukan orang-orang yang mempunyai skill tinggi dengan gaji yang mahal. Cukup lulusan sma yang mengerti tentang komputer. Mungkin karena mudahnya, banyak orang yang berlomba-lomba mendirikan usaha warnet ini.

Jika kita melewati jalan-jalan besar dan disekitar jalan tersebut terdapat universitas,
kos-kosan mahasiswa, atau perumahan padat,maka hampir dipastikan ada usaha warnet yang berdiri disitu. Jumlah dari usaha warnet itu tidak hanya satu, bahkan bisa lebih dari 3 untuk lokasi yang berdekatan.
Walaupun sudah ada tiga usaha atau lebih, tetap saja ada warnet baru yang bermunculan. Mereka bertarung untuk mendapatkan pelanggan yang sama. Selain dari pembuatannya mudah, trend teknologi sebenarnya juga mempunyai andil besar dalam pembentukan pasar dari usaha warnet. Komunikasi dan informasi tiada batas itulah yang ditawarkan internet.
Menjamurnya usaha warnet membuat persaingan semakin keras. Mereka bertarung tidak hanya dari sisi kenyamanan, spesifikasi komputer, dan kecepatan koneksi internet, bahkan dari sisi harga. Harga diturunkan sampai merusak pasaran untuk memancing pelanggan. Jika kita ingin bertahan, sudah selayaknyalah kita mempunyai keuntungan kompetitif dari warnet yang lain.
Daunnet
Seperti warnet-warnet pada umumnya, daunnet juga menyediakan jasa internetan, chatting, browsing, printing maupun burning. Untuk menjaga pangsa pasarnya, daunnet memberikan keistimewaan bagi konsumennya, antara lain memberikan paketan. Sehingga Daunnet memiliki satu nilai plus di bandingkan dengan warnet yang lainnya.
Satu paketnya terdiri dari 3 jam dengan harga Rp. 5000,00. Paket ini berlaku mulai pukul 18.00 hingga pukul 24.00. Fasilitas lainnya adalah menyediakan up date antivirus gratis yang selalu di up date setiap harinya. Tempatnya nyaman, bersih dan ber AC. Daunnet juga menyediakan berbagai snack dan soft drink bagi para konsumennya.
Memiliki 10 komputer yang beroperasi, Daunnet buka setiap hari, buka mulai jam 08.00 hingga pukul 24.00, terdiri dari 2 shift. Setiap shiftnya berdurasi 8 jam, dikelola oleh 5 operator. Untuk access standar tarif yang dipatok Rp. 3000,- untuk setiap jamnya.
Untuk harga, printing per lembarnya Rp. 600,00  Burning Rp. 2500,00 per 1 keping CD. Harga soft drink berkisar antara Rp. 2.000,- hingga Rp. 2.500,00.
Semua warnet di jogjakarta pastilah menjadi pesaing bagi warnet ini. Akan tetapi jarang ada warnet yang memiliki paketan seperti yang di miliki oleh daunnet sehingga daunnet memiliki satu nilai plus di bandingkan dengan warnet yang lainnya.
Langkah Awal Membangun Warnet
Dalam membuat dan merencanakan usaha warnet, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan utama.
1.    Pemilihan lokasi
Lokasi yang umumnya sangat strategis untuk usaha warnet/internet café dekat lokasi sekolah /kampus, atau dekat dengan pusat keramaian (tempat nongkrong). Sebagian pihak menyebut bahwa berlokasi dekat dengan kegiatan mahasiswa menguntungkan bagi Warnet. Alternatif pengunjung lain adalah kelompok pekerja. Lokasi sangat penting karena bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan usaha warnet ini.

2.    Jumlah komputer
Investasi komputer dalam jumlah banyak adalah faktor penting berikutnya. Selain tingkat utilisasi pemakaian koneksi Internet lebih tinggi, jumlah komputer yang memadai akan menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama atau meninggalkan Warnet. Konsekuensi jumlah komputer ini diikuti oleh investasi yang lebih besar untuk ongkos koneksi Internet.
3.    Komputer (Hardware & Software)
Untuk komputer (khusus untuk warnet), carilah komputer yang layak namun tidak mahal. Carilah sesuai spesifikasi dan kebutuhan yang pas karena di warnet pasti user yang datang hanya untuk sekedar browsing atau chatting. Untuk software gunakan yang asli.
4.    Network / Jaringan
Jaringan yang digunakan menggunakan topogfari jaringan type STAR. Untuk jenis networknya menggunakan jenis LAN (Local Area Network). Beberapa perlatan standar yang dibutuhkan  antara lain : HUB atau SWITCH HUB, 1 PC untuk dijadikan router , dan cable network (sebaiknya dibeli 1 rol untuk persiapan/penggantian kabel nantinya) , ethernet card atau sering disebut LAN card dan juga connector (RG 45).

5.    Biaya listrik
Biaya listrik per bulan ditentukan oleh kebutuhan listrik dari warnet tersebut. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik. Untuk 10 unit komputer, disarankan adalah minimal 6600 watt. Perkiraan biaya listrik untuk daya sebesar itu biasanya berada di kisaran Rp 900.000 s/d Rp 1.500.000 per bulan.
6.    Biaya koneksi per bulan
Pilihan koneksi sangat beragam dan bergantung kepada lebar bandwidth, media koneksi, kualitas dll. Lebih baik untuk menentukan dulu kebutuhan bandwidth anda baru berbicara biaya koneksi. Untuk mengetahui berapa biaya koneksi per bulan dapat dilihat dari situs-situs ISP di Indonesia.
Membangun Warnet yang Kompetitif
Yang menentukan adalah kemampuan manajemen warnet tersebut apakah bisa bertahan menghadapi persaingan. Persaingan di sini harus dilihat secara general. Saingan warnet bukan cuma warnet tetangganya. ISP juga saingan warnet, sebab ada produk-produk layanan mereka yang bersaingan langsung dengan warnet. PC/Notebook murah juga saingan warnet.
Kombinasi antara PC/Notebook murah dan Produk ISP yang murah atau akses Wifi gratis adalah ancaman yang nyata bagi keberadaan Warnet. Karena itu, warnet harus bisa menempatkan target pasar dan pelayanannya dengan tepat jika tidak ingin tersingkir dari persaingan.
Kesuksesan usaha warnet bisa dilihat dari tingkat okupansinya. Yang umum adalah 7 – 9 jam. Di bawah 7 jam maka warnet itu terhitung sepi. Sementara di atas 9 jam warnet tersebut terhitung ramai (sekali).
Jarang sekali ada warnet yang memiliki tingkat okupansi di atas 9 jam. Semakin dikenalnya teknologi internet oleh masyarakat umum, membuka peluang bagi warnet untuk terus berkembang.
Simulasi Laba Usaha Warnet 1 Bulan :

Pemasukan
Sewa Internet     : Rp. 9.000.000,00
Softdrink & Snack : Rp.   300.000,00
Total             : Rp. 9.300.000,00

Pengeluaran
Bandwith          : Rp. 1.700.000,00
Listrik           : Rp.   800.000,00
Maintenance       : Rp. 1.000.000,00
Gaji Operator     : Rp. 1.500.000,00
Lain-lain         : Rp.   200.000,00
Total             : Rp. 5.700.000,00

Keuntungan
Laba Bersih       : Rp. 9.300.000,00 - Rp. 5.700.000,00
                  : Rp. 4.100.000,00


Selain itu bias juga membangun warnet sederhana. di sini saya akan sedikit menjelaskan mengenai membuat warnet yang sederhana dengan budget yang tidak begitu besar, apabila anda ingin memulai suatu usaha warnet dengan buget yang tidak terlalu besar, usaha ini lumayan dapat menghasilkan apalagi sekarang ini sudah banyak pilihan untuk koneksi ke ISP (Internet Service Provider) yang tidak begitu mahal, di bawah ini akan sedikit saya jelaskan mengenai membangun warnet sederhana dengan buget yang seminim mungkin.
Dalam penjelasan di bawah ini saya akan menjelaskan membangun warnet dengan 10 Pc klient dengan 1 server, dengan menggunakan koneksi wireless dari provider XL.

DANA YANG DIBUTUHKAN

A. Biaya biaya untuk peralatan yang dibutuhkan:
1. 10 Pc client (apabila buget anda sangat terbatas saya sarankan menggunakan PC dengan konfigurasi Intel PIII minimal 800 Mhz, Ram 256 Mb, VGA min 32 Mb, Hardisk 10 Gb, lan card 100 Mbps, monitor cukup 15” digital saja (second)) biaya yang dibutuhkan untuk 1 unit PC klient Rp. 1.000.000,00
2. 1 Unit PC server, saya sarankan minimal Intel P4 2.4 Ghz, Ram 1 Gb, VGA 64 Mb, Hardisk 80 Gb, Monitor cukup 15” digital saja, dana yang diperlukan kira-kira Rp. 2.500.000,00
3. Alat untuk koneksi wireless ke internet melalui provider XL, 1 buah PCI to PCMCIA card, 1 Buah Modem Wirreless PCMCIA, 1 buah cips dari provider XL, perkiraan dana yang dibutuhkan Rp. 1.500.000,00
4. Peralatan untuk membangun jarigan LAN (local Area Network), dibutuhkan 1 buah Hub Switch cukup yang 16 port saja, Plug Conection RJ 45, Kabel Lan (belden) cecukupnya untuk mengkoneksikan antara PC server dengan PC klient, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp. 1.000.000,00
5. Total biaya untuk peralatan yang dibutuhkan untuk peralatan adalah Rp. Rp. 15.000.000,00 (diluar penyetingan apabila anda akan di setingkan ke pelayanan service computer, atau kepada orang yang ahli)



B. Perkiraan Biaya untuk tempat.
  1. Untuk 10 client dan 1 buah server biasanya dibutuhkan tempat sekitar 5m x 8m, dengan ukuran tempat 1 buah Client 1m x 1m, biasanya warnet yang nyaman tempat untuk client dibuat privasi dengan menggunakan sekat-sekat, cukup menggunakan triplek yang dibuat ruangan-ruangan kecil, dibuat lesehan saja dengan menggunakan karpet, serta di berikan bantal yang nyaman untuk duduk, beserta meja kecil untuk menyimpan PC dan monitor, dana yang dibutukan kira-kira Rp. 3.000.000,00.
  2. Apabila anda sudah mempunyai tempat yang memadai gunakanlah tempat tersebut sehingga anda tidak perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk sewa tempat, apabila belum mempunyai perkirakan lah dana yang disediakan tidak memebihi Rp. 10.000.000,00 per tahunnya.
Jadi anda bisa menyediakan dana tidak lebih dari Rp. 30.000.000,00 (sudah termasuk penyetingan LAN dan koneksi internetnya).
PERKIRAAN UNTUNG RUGI DAN BEP (Break Event Point) 
Perkiraan pendapatan dari warnet dalam 1 bulan ;
1.      Dari 10 Client dengan biaya sewarata-rata di Indonesia adalah Rp. 4.000,00 perjam, kita asumsikan hanya 10 jamsaja rata-tata sewa per Clientnya (biasanya warnet buka 24 Jam), 10 client X 10Jam X Rp. 4.000,00 = Rp. 400,000,- / hari, total pendapatn 1 bulan kira-kiraRp. 12.000.000,00
2.     Jangan hanya melakukan kegiatan warnet saja, computer tersebut bisa dioptimalkan,   misalkan cetak foto digital (dengan membeli printer foto), pengetikan, jualan makanan, minuman, dll.
3.      Biaya yang diperlukan untuk perawatan, listrik, biaya koneksi internet,
a.       Biaya koneksi 1 bulan dengan menggunakan koneksi XL Rp. 350.000,00
b.      Biaya listrik 1 bulan dengan 11 PCnyala terus 24 jam Rp. 1.500.000,00
c.      Untuk gaji karyawan (operator) 2 shift(12 jam Kerja) Rp. @ Rp. 750.000,00 = Rp. 1.500.000,00
d.      Total biaya rutin yang dikeluarkandalam 1 bulan rata-rata Rp. 4.000.000,00
4.      Jadi anda bisa mandapatkan keuntungan dalam satu bulan Rp. 12.000.000,00 dikurangi Rp. 4.000.000,00 = Rp.8.000.000,00 ( sisihkanlah untuk biaya perawatan kra-kira Rp. 1.000.000,00)
5.      Dengan perkiraan hanya 10 jam sewasaja per klient anda bias mendapatkan rata-    rata Rp. 7.000.000,00 ( coba andahitung sendiri dengan jam sewa 20 jam per klient apabila warnet anda sudahramai pengunjung)
6.      jadi anda bisa kembali modal dalamwaktu 6 bulan
Mungkin demikian penjelasan yang sederhana ini, apabila anda akan membangun bisnis warnet,semoga membantu anda yang membutuhkan informasi ini.

 
 Joyner Oroh
070213042

BISNIS TIKET
Anda tentu setuju bahwa bisnis tiket pesawat terbang adalah bisnis biasa. Namun anda juga pasti membenarkan bahwa selama ini anda hanya membeli tiket pesawat terbang dan membayar harganya namun tidak pernah menikmati se-sen-pun hasilnya. Padahal bisnis tiket pesawat terbang adalah bisnis yang bernilai Milyaran bahkan Trilyunan Rupiah.
Namun sejak saat ini, detik ini juga, anda akan ikut menikmati manisnya bisnis tiket pesawat terbang. Tanpa anda harus memiliki sebuah perusahaan travel agent.
Bahkan anda akan tetap menikmati hasilnya / komisi dari pembelian tiket yang dilakukan oleh orang lain, dan orang lain tersebut tidak pernah anda kenal sama sekali.
Manfaat Media Bisnis Tiket Pesawat Untuk Anda
Bisnis Tiket PesawatDengan menggunakan media ini, maka anda akan :
  1. Mendapatkan peluang bisnis riil untuk mendapatkan penghasilan hingga milyaran rupiah setiap bulan.
  2. Bisa melakukan pengecekan harga tiket pesawat, booking tiket pesawat bahkan cetak tiket pesawat langsung dari komputer anda, kapan saja dan dimana saja.
  3. Memiliki usaha riil yakni bisnis tiket pesawat terbang dengan pangsa pasar yang sangat luas, yakni seluruh Indonesia.
  4. Bisa menjual tiket pesawat tanpa harus memiliki travel agent.
  5. Mendapatkan informasi tentang jadwal penerbangan, harga tiket dan ketersediaan seat langsung dari sistem airline, tanpa tergantung dengan travel agent manapun.
  6. Bisa mendapatkan dan menjual produk yang eksklusif yaitu tiket pesawat terbang.
  7. Mendapatkan pasif income setiap bulan yang berasal dari komisi pembelian yang dilakukan orang lain, bahkan yang tidak anda kenal sama sekali.
  8. Bisa mendapatkan komisi walaupun tidak membeli tiket sendiri.
  9. Tidak harus berjualan, berpromosi, dll.
  10. Keanggotaan Bisnis Tiket Pesawat untuk selamanya.


Bisnis Tiket PesawatDengan bergabung di Bisnis Tiket Pesawat kita memiliki peluang penghasilan yang sangat luar biasa. Potensi penghasilan yang bisa anda hasilkan bernilai milyaran rupiah setiap bulan untuk selamanya. Selama industri penerbangan masih tetap ada, dan ada orang yang membeli tiket, maka anda akan tetap mendapatkan komisinya.

Keuntungan / Manfaat Bagi Anda
Potensi Penghasilan Yang Luar Biasa
Potensi penghasilan yang bisa anda dapatkan dengan bergabung di Bisnis Tiket Pesawat bernilai milyaran rupiah. Penghasilan tersebut anda dapatkan dari komisi network / jaringan, sponsorisasi dan komisi pembelian tiket pesawat. Sign-In Ke Sistem Airline
Bagi para travel agent, untuk mendapatkan sign-in ke sistem airline membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Minimal harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) untuk mendapatkan 1 sign-in.
Dengan bergabung menjadi member Bisnis Tiket Pesawat, maka anda akan langsung mendapatkan 3 sign-in sekaligus, untuk masuk ke sistem Mandala Airline, Merpati Airline dan Citilink.
Cek Seat, Cek Harga, Booking Tiket dan Cetak Tiket Sendiri
Dengan kedua sign-in di atas, maka anda bisa melakukan cek jadwal penerbangan, cek ketersediaan kursi, cek harga, booking tiket dan cetak tiket sendiri. Langsung dari komputer anda. Langsung ke sistem airline. Transparan. Tanpa markup harga. Kapanpun dan dimanapun.
Anda Bisa Mencarikan Tiket Pesawat Untuk Orang Lain
Jika anda membeli tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit, maka pemegang / pemilik kartu kredit harus juga ikut memesan. Atau anda hanya bisa membeli tiket bagi diri sendiri.
Dengan membeli tiket di sini, anda bisa membelikan untuk orang lain. Kolega anda, saudara anda atau siapapun. Anda tidak diharuskan untuk ikut terbang. Bahkan anda bisa tetap menikmati komisi saat ada orang lain dalam jaringan anda yang melakukan pembelian tiket.
Mohon maaf, untuk sementara waktu kami belum bisa menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Kami hanya menerima pembayaran dengan menggunakan transfer bank.
Tidak Harus Punya Kartu Kredit Untuk Beli Tiket
Kebanyakan website yang menjual tiket pesawat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Bagaimana jika anda tidak punya kartu kredit?? Anda bisa membeli tiket pesawat di sini.
Dirikan Usaha Dengan Modal Minimal
Dengan bergabung di Bisnis Tiket Pesawat, maka anda bisa menjual tiket kepada orang lain. Dengan demikian berarti anda telah memiliki suatu usaha layaknya sebuah travel agent.
Sistem-sistem Yang Telah Teruji
Kami memberikan sistem-sistem yang telah teruji dan terbukti berhasil memberikan keuntungan bagi para member. Sistem-sistem itu antara lain adalah :
  1. Randomizer, sebuah sistem sponsorisasi acak yang akan memilih salah satu member yang telah aktif secara acak sebagai sponsor jika ada pengunjung website www.bisnis-tiket-pesawat.com yang datang tanpa menyertakan kode sponsor. Dengan demikian walaupun anda tidak aktif berpromosi, masih ada kemungkinan untuk mendapatkan member dan mendapatkan komisi sponsor.
  2. Automatic Spill-Over, jumlah member yang ada di level 1 dibatasi maksimal sebanyak 10 orang saja. Jika ada member ke 11, maka member tersebut secara otomatis akan dilimpahkan ke level kedua. Hal ini berarti bahwa orang-orang yang bergabung sebelum anda akan tetap membantu anda untuk mendapatkan member bagi anda.
  3. Website Replika, begitu keanggotaan anda diaktifkan, maka anda juga mendapatkan website replika yang memiliki bentuk sama dengan website ini. Anda tidak perlu membuat website lagi. Alamat URL website replika anda adalah http://www.bisnis-tiket-pesawat.com?id=useridanda
  4. Full Report, anda akan mendapatkan laporan secara lengkap. Laporan tersebut meliputi member yang ada dalam jaringan anda, baik yang sudah aktif maupun yang belum aktif, komisi yang anda dapatkan setiap bulan, baik komisi dari anda sendiri maupun komisi dari member-member di bawah anda.
5.      Potensi Penghasilan
6.      Pertanyaan paling mendasar dari para member yang ingin bergabung pada suatu bisnis adalah Berapa Potensi Penghasilannya Jika Bergabung??
7.      Potensi penghasilan di bisnis tiket pesawat sangat luar biasa, hingga mencapai trilyunan rupiah. Penghasilan itu akan anda dapatkan dari :
8.      Komisi Jaringan
9.      Besarnya komisi jaringan yang bisa anda dapatkan ditunjukkan pada tabel di bawah ini.







10.   
http://www.bisnis-tiket-pesawat.com/img/komisijaringan.jpg

11.  Anda akan mendapatkan komisi hingga kedalaman 10 Level, bahkan dari orang yang tidak anda kenal sama sekali. Total komisi yang bisa anda dapatkan dari komisi jaringan ini adalah Rp. 55,561,122,300,000.00 suatu nilai yang sangat luar biasa.
12.  Jika anda menyangkal bahwa itu hanyalah hitungan saja, ok...... mari kita berpikir agak pesimistis, jika seandainya usaha anda hanya berhasil 1% saja, maka anda masih memiliki peluang penghasilan sebesar Rp. 555,611,223,000.00 dan ini masih merupakan hasil yang sangat luar biasa.
13.  Komisi Penjualan Tiket Pesawat
14.  Disamping komisi tersebut di atas anda juga akan mendapatkan komisi dari penjualan tiket pesawat. Besarnya komisi ini ditunjukkan pada tabel di bawah ini.


15.  
16.  Asumsi : Masing-masing member hanya membeli 1 tiket setiap bulan dan profit per tiket adalah Rp. 10.000,-. Pada kenyataannya seringkali orang membeli tiket pesawat tidak hanya 1 buah, akan tetapi beberapa tiket sekaligus. Dengan demikian maka komisi untuk anda akan lebih besar lagi. Profit yang dibagikan kepada member sebesar 60%, sedangkan admin hanya 40% saja.
17.  Komisi Sponsorisasi.
Sartika Angdrie 070213017


STUDI KELAYAKAN BISNIS
I.                   Pendahuluan
Pada era globalisasi , Studi kelayakan sangat diperlukan oleh banyak kalangan, khususnya terutama bagi para investor yang selaku pemrakarsa, bank selaku pemberi kredit, dan pemerintah yang memberikan fasilitas tata peraturan hukum dan perundang-undangan, yang tentunya kepentingan semuanya itu berbeda satu sama lainya. Investor berkepentingan dalam rangka untuk mengetahui tingkat keuntungan dari investasi, bank berkepentingan untuk mengetahui tingkat keamanan kredit yang diberikan dan kelancaran pengembaliannya, pemerintah lebih menitik-beratkan manfaat dari investasi tersebut secara makro baik bagi perekonomian, pemerataan kesempatan kerja, dll.
Mengingat bahwa kondisi yang akan datang dipenuhi dengan ketidakpastian, maka diperlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu karena didalam studi kelayakan terdapat berbagai aspek yang harus dikaji dan diteliti kelayakannya sehingga hasil daripada studi tersebut digunakan untuk memutuskan apakah sebaiknya proyek atau bisnis layak dikerjakan atau ditunda atau bahkan dibatalkan. Hal tersebut diatas adalah menunjukan bahwa dalam studi kelayakan akan melibatkan banyak tim dari berbagai ahli yang sesuai dengan bidang atau aspek masing-masing seperti ekonom, hukum, psikolog, akuntan, perekayasa teknologi dan lain sebagainya.
Karena itu lewat makalah ini, akan di jelas kan tentang studi kelayakan bisnis dan contoh bisnis yang akan di kaji.





II.                Pembahasan
II.1 Pengertian Studi Kelayakan Bisnis
Studi kelayakan bisnis merupakan langkah awal memulai bisnis Studi kelayakan bisnis adalah sebuah penelitian mendalam tentang bisnis yang akan dijalani menyagkut banyak aspek hukum ,sosbud, manajemen keuangan, teknis operasional dan teknologi sampai pada pemasaran. dengan pertimbangan semua hal tersebut maka hasil bisnis  akan digunakan sebagi acuan apakah bisnis tersebut layak dilanjutkan atau ditunda atau bahkan dibatalkan.
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis menurut Kasmir dan Jakfar (2003) adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu kegiatan atau usaha yang akan dijalankan, untuk menentukan layak atau tidaknya suatu bisnis dijalankan.
II.2 Ruang Lingkup Studi Kelayakan Bisnis
Aspek – aspek yang menyangkut studi kelayakan bisnis antara lain :
1.      Aspek hukum
Berkaitan dengan keberadaan secara legal dimana proyek akan dibangun yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :
a.       Perijinan :
                                                              i.      Izin lokasi :sertifikat (akte tanah),bukti pembayaran PBB yang terakhir, dan rekomendasi dari RT / RW / Kecamatan
                                                            ii.      Izin usaha : Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya, NPWP (nomor pokok wajib pajak), Surat tanda daftar perusahaan,  Surat izin tempat usaha dari pemda setempat, Surat tanda rekanan dari pemda setempat, SIUP setempat, Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan
2. Aspek sosial ekonomi dan budaya
Berkaitan dengan dampak yang diberikan kepada masyarakat karena adanya suatu proyek tersebut :
a.       Dari sisi budaya yaitu : Mengkaji tentang dampak keberadaan peroyek terhadap kehidupan masyarakat setempat, kebiasaan adat setempat.
b.      Dari sudut ekonomi, yaitu : Apakah proyek dapat merubah atau justru mengurangi income per capita panduduk setempat. Seperti seberapa besar tingkat pendapatan per kapita penduduk, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja setempat atau UMR, dll.
c.       Segi Sosial, yaitu : Apakah dengan keberadaan proyek wilayah menjadi semakin ramai, lalulintas semakin lancar, adanya jalur komunikasi, penerangan listrik dan lainnya, pendidikan masyarakat setempat.

3. Aspek pasar dan pemasaran
Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut :
         Potensi pasar, yaitu Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
         Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu, dll.
         Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau pelung pasar atau seberapa besar pengaruh strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.

II.3 Kajian Bisnis
Setiap bisnis yang akan di kaji harus di uji berdasarkan 3 parameter utama, yaitu :
a.       Kajian Teknis.
Berkaitan dengan pemilihan lokasi peroyek, jenis mesin, atau peralatan lainnya yang sesuai dengan kapasitas produksi, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.
b.      Kajian Ekonomi
Yaitu berkaitan dengan berapa modal investasi yang akan di gunakan dalam pembangunan proyek, rincian biaya yang di perlukan , dan  menyangkut alat- alat yang di perlukan dalam pembangunan proyek.
c.       Kajian Finansial
Yaitu menyangkut dengan sumber modal yang di perlukan dalam berbisnis apakah pinjaman bank atau modal pribadi, keuntungan yang di peroleh an berapa lama waktu yang di perlukan agar modal dapat di kembalikan, dan membandingkan apabila modal tersebut di peroleh dari pinjaman bank dalam kurun waktu berapa lama modal dapat di kembalikan pada bank dan apakah dapat memperoleh untung atau hasil penjualan hanya untuk membayar bunga bank.
II.4 Manfaat Studi Kelayakan Bisnis
Studi kelayakan bisnis di butuhkan oleh :
1.      Pihak investor
Sebelum menanamkan modalnya di perusahaan yang akan dijalankan investor akan mempelajari laporan studi kelayakan bisnis yang telah dibuat, karena investor memiliki kepentingan langsung tentang keuntungan yang akan diperoleh dan jaminan modal yang akan ditanamkan.
2.      Pihak Kreditor
Sebelum memberikan kredit pihak bank perlu mengkaji studi kelayakan bisnis dan mempertimbangkan bonafiditas dan tersedianya agunan yang dimilliki.
3.      Pihak Manajemen perusahaan
Sebagai leader manajemen perusahaan juga memerlukan studi kelayakan bisnis untuk mengetahui dana yang dibutuhkan, berapa yang dialokasikan dari modal sendiri, rencana pendanaan dari investor dan kreditor.
4.      Pihak Pemerintah Dan Masyarakat
Perusahaan yang akan berdiri harus memperhatikan kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah agar dapat diprioritaskan untuk dibantu oleh pemerintah.
5.      Bagi tujuan pembangunan ekonomi
Penyusunan studi kelayakan bisnis perlu dianalisis manfaat yang akan didapat dan biaya yang ditimbulkan proyek terhadap perekonomian nasional, karena sedapat mungkin proyek dibuat demi tercapainya tujuan-tujuan nasional.
II.5 Tahap Studi Kelayakan Bisnis
1.      Tahap penemuan ide
Agar dapat menghasilkan ide proyek yang dapat menghasilak produk laku untuk dijual dan menguntungkan diperlukan penelitian yang terorganisasi dengan baik serta dukungan sumber daya yang memadai. Jika ide proyek lebih dari satu, dipilih dengan memperhatikan:
* ide proyek sesuai dengan kata hatinya
* pengambil keputusan mampu melibatkan diri dalam hal-hal yang sifatnya teknis
* keyakinan akan kemampuan proyek menghasilakan laba.
2.       Tahap Penelitian
Setelah ide proyek terpilih, dilakukan penelitian yang lebih mendalam dengan metode ilmiah:
* mengumpulkan data
* mengolah data
* menganalisis dan menginterpretasikan hasil pengolahan data
* menyimpulkan hasil
* membuat laporan hasil
3.      Tahap Evaluasi
Evaluasi yaitu membandingkan sesuatu dengan satu atau lebih standar atau kriteria yang bersifat kuantitatif atau kualitatif. Ada 3 macam evaluasi:
* mengevaluasi usaha proyek yang akan didirikan
* mengevaluasi proyek yang akan dibangun
* mengevaluasi bisnis yang sudah dioperasionalkan secara rutin
4.      Tahap Rencana pelaksanaan
Setelah rencana bisnis dipilih perlu dibuat rencana kerja pelaksanaan pembangunan proyek. Mulai dari penentuan jenis pekerjaan, jumlah dan kualifikasi tenaga perencana, ketersediaan dana dan sumber daya lain serta kesiapan manajemen.
5.      Tahap Pelaksanaan
Dalam realisasi pembangunan proyek diperlukan manajemen proyek. Setelah proyek selesai dikerjakan tahap selanjutnya adalah melaksanakan operasional bisnis secara rutin. Agar selalu bekerja secaa efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan laba perusahaan, dalam operasional perlu kajian-kajian untuk mengevaluasi bisnis dari fungsi keuangan, pemasaran, produksi dan operasi.

II.6 Kajian Bisnis “Show Room Motor”
Di bagian di atas telah di jelaskan tentang apa itu studi kelayakan bisnis dan parameter apa saja yang di gunakan untuk mengkaji setiap bisnis. Pada bagian ini akan memberikan contoh bagaimana mengkaji salah satu bisnis. seperti yang kita ketahui,  Setiap kegiatan wirausaha harus di uji dengan 3 parameter utama, yaitu :
1.      Layak secara teknis
2.      Layak secara ekonomis, dan
3.      Layak secara financial
Berikut ini saya akan memberikan contoh bisnis yang akan di kaji dengan 3 parameter penting studi kalayakan bisnis. Contoh yang di ambil yaitu : “Studi Kelayakan Bisnis Untuk Bisnis Jual – Beli (Show Room ) Motor “.
1.      Layak secara teknis
Bagian yang perlu di kaji secara teknis , antara lain  : Teknis pembelian dan penjualan motor. Dalam bisnis jual-beli motor ini, kepada siapa kita membeli motor harus pada sumber yang dapat di percaya kerena yang akan di jual/beli bukan hanya motor yang baru, tapi juga motor bekas. Karena setiap motor yang di perjual-belikan harus mendatangkan keuntungan bagi pembeli maupun penjual. Selain itu kualitas motor yang akan di perjual belikan juga harus menjadi perhatian. Kita harus memberikan batasan-batasan keadaan motor seperti apa yang akan di perjual belikan. Batasannya seperti :
a.       Keadaan /kondisi mesin motor, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak seperti busi motor, knalpot, stir mototr, rem, dan lain sebagainya  juga harus di perhatikan. Sebaiknya membawa teknisi khusus untuk menguju motor.
b.      Kondisi fisik motor. Fisik dari motor juga harus di perhatikan , karena fisik yang baik juga mendorong pembeli untuk membeli motor tersebut. Yang perlu di perhatikan seperti cover motor apakah masih bersih atau tidak, adakah yang perlu di perbaiki dengan fisik motor tersebut atau tidak. Jika keadaan fisik motor kurang baik, kita juga harus melihat apa saja yang perlu di perbaiki sebelum di jual, seberapa besar kekurangannya dan lain sebagainya.
c.       Kondisi kelengkapan surat- surat motor. Surat kepemilikan dan STNK sangat penting dalam bisnis ini, sebab jika surat –surat yang dimiliki tidak lengakap akan sangat sulit untuk bertransaksi.
Selain itu , penentuan lokasi proyek juga  merupakan hal yang perlu di kaji. Karena bisnis show room merupakan bisnis skala menengah yang juga merupakan kebutuhan masyarakat, karena itu harus di lokasi yang ramai dan mudah di jangkau. Lebih baik jika di lokasi area pertokoan.

2.      Layak secara Ekonomi
Beberapa hal yang perlu dikaji secara Ekonomi yaitu :
Perkiraan modal investasi yang di perlukan untuk membangun bisnis
Rincian Modal yang di perlukan :
-          Sewa tempat (Ruko) kontrak per tahun                      = Rp. 40.000.000,-
-          Perenovasian tempat (Show Room)                            = Rp. 5.000.000,-
-          Pengurusan ijin usaha pembukaan show room            = Rp.    600.000,-
-          Pembelian motor @ Rp.6.000.000 X 3 unit              = Rp. 18.000.000,-
-          Pembelian peralatan dan keperluan Show Room
(computer, printer, AC)                                              = Rp. 10.000.000,-
-          Biaya perbaikan motor rusak                                      = Rp.1.000.000,-
-          Biaya tak terduga                                                        = Rp. 2.000.000,-
-          Gaji karyawan per bulan                                             = Rp. 700.000,-
+
-          TOTAL                                                                       = Rp. 77.300.000,-

3.      Layak secara Finansial
Beberapa hal yang perlu di kaji secara financial , yaitu :
a.       Sumber modal
Pada bagian  di atas telah kita melihat rincian modal yang di perlukan . Modal tersebut bukanlah harga yang murah. Untuk itu kita harus menentukan sumber modal yang kita butuhkan. Apakah modal yang kita miliki cukup untuk memenuhi selueruh keperluan yang ada untuk membangun bisnis ini atau tidak. Jika tidak cukup dimana kita dapat meminjam modal. Orang tua, teman , sanak keluarga , atau dengan pinjaman bank. Hal seperti ini harus kita pikirkan. Pertama, jika dengan pinjaman bank , kita harus memperhatikan bunga yang akan di berikan bank tiap tahunnya. Rata-rata bunga bank yang di brikan untuk kredit usaha sekitar 9 – 13% . Jika bunga bank sebesar itu apakah kita dapat memenuhi pembayaran kepada bank tersebut. Jika kita meminjam pada sanak keluarga taupun rekan kemungkinan yang sama juga dapat terjadi sekalipun bunganya tidak terlalu besar sama seperti bunga bank, tapi tetap kita harus mengganti/ mengembalikan modal yang kita pinjam dengan cara mencicil perbulan/ pertahun. Sebaliknya, Jika dengan modal pribadi kita tidak perlu membayar bunga dan mencicil pada bank, sebaliknya keutungan yang kita peroleh dapat di depositokan pada bank.
Salah satu cara untuk menentukan jenis modal yang akan kita gunakan, adalah dengan melihat jenis usaha seperti apa yang akan kita tekuni. Apakah bisnis berskala besar dengan untung lebih dari 13 % ( lebih besar dari bunga bank) , bisnis skala menengah yang di perkirakan hanya sekitar 9 – 13 % (sama dengan bunga bank), atau usaha skala kecil hanya di perkirakan keuntungannya hanya sekitar 7 – 8% ( lebih kecil dari bunga bank). Jika keuntungan yang kita peroleh di perkirakan hanya sekitar 10% tiap bulannya untuk apa kita mengambil resiko untuk kredit bank , yang perlu membayar bunga hingga 13%.  Karena jenis usaha yang di ambil kali ini jenis usaha skala menengah maka alangkah lebih baiiknya jika tidak meminjam pinjaman memalui kredit usaha pada bank.
Karena itu, saya mengambil contoh sumber modal yang di peroleh adalah modal pribadi.

b.      Keuntungan yang di peroleh
Keuntungan yang di peroleh dapat di kalkulasikan sebgai berikut :
-          Pembelian motor                     = Rp. 6.000.000
-          Perbaikan Motor                     = Rp. 1.000.000
Dengan perhitungan ini maka harga modal pokok untuk 1 motor adalah = Rp. 7.000.000,- . harga jual untuk motor adalah Rp. 7.500.000,-. Jadi keuntungan yang di peoleh untuk 1 jenis motor sekitar Rp.500.000,-. Jika motor yang di beli lebih murah dan biaya perbaikan motor juga menurun ( motor tidak perlu di perbaiki ), maka kita bias mendapat keuntungan hingga Rp.2.000.000 – Rp.3.000.000,- / motor. Jika kita mengambil rata- rata keuntungan sekitar Rp.500.000,- per motor dan tiap hari motor yang terjual 1 buah maka dalam sehari kita bisa mendapat keuntungan Rp. 500.000,- 
Sehingga, dapat di hitung untuk :
-           keuntungan dalam seminggu Rp. 500.000 X 6 hari = Rp. 3.000.000,-
-          keuntungan dalam 1 bulan     Rp. 3.000.000 X 30 Hari = Rp. 90.000.000,-
keuntungan tersebut adalah keuntungan murni yang di terima tiap bulan.


c.       Membandingkan antara keuntungan yang di peroleh dengan bunga bank.
Dari keuntungan yang di peroleh maka dapa di lihat bahwa ternyata dalam 1 bulan jika menjual sekurang- kurangnya 1 motor tiap hari maka, dalam 1 bulan kerjapun modal sudah tertutupi dengan keuntungan. Sehingga dapat di lihat bahwa lebih untung jika kita tidak meminjam kredit usaha pada bank. Berikut akan di contohkan bila kita mengambil kredit pada bank .
Jika mengambil pinjaman pada bank Rp. 80.000.000,-
Bunga 12 %                                         Rp. 10.400.000,-
Total yang harus di bayar pada bank Rp.90.400.000,-
Dari hasil diatas dapat dilihat bahwa jika meminjam dengan kredit bank, maka keuntungan yang di peroleh hanya di gunakan untuk mebayar bunga bank. Sebaliknya jika dengan modal sendiri dari pada membayar bunga bank, lebih baik keuntungan yang di peroleh di depositokan ke bank. Bukankah itu lebih menguntungkan.














III.             Kesimpulan
Dari penjelasan di tas tentang studi kelayakan bisnis maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Studi kelayakan Bisnis adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu kegiatan atau usaha yang akan dijalankan, untuk menentukan layak atau tidaknya suatu bisnis dijalankan.
2.      Parameter Utama dalam kajian bisnis adalah :
a.       Kajian Teknis
b.      Kajian ekonomi
c.       Kajian Finansial
3.      Dari contoh stiudi kelayakan bisnis pada bisnis jual beli motor maka dapat dilihat bahwa jika modal pribadi yang di gunakan maka akan lebih menguntungkan dari pada pinjaman kredit usaha pada bank, keuntungan yang di peroleh lebih baik di depositokan di bank daripada hanya di gunakan untuk membayar bunga bank.



















IV.             Daftar Pustaka





 
Nama : Deryanus Kassa
NRI     : 060213051

STUDI KELAYAKAN BISNIS
USAHA TOKO BUAH IMPOR “MyFruits”
BAB I
PENDAHULUAN
Studi kelayakan bisnis merupakan langkah awal memulai bisnis Studi kelayakan bisnis adalah sebuah penelitian mendalam tentang bisnis yang akan dijalani menyagkut banyak aspek hukum ,sosbud, manajemen keuangan, teknis operasional dan teknologi sampai pada pemasaran. dengan pertimbangan semua hal tersebut maka hasil Studi kelayakan bisnis akan digunakan sebagi acuan apakah bisnis tersebut layak dilanjutkan atau ditunda atau bahkan dibatalkan.
Aspek yang terdapat pada studi kelayakan bisnis yang terdiri dari berbagai aspek yang sudah disebutkan di atas antara lain :
1.      Aspek hukum dan adminstrasi
terkait aspek legal yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :
a.       Perijinan :
                                                        i.            Izin lokasi :
                                                      ii.            Izin usaha :
·         Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya.
·         NPWP (nomor pokok wajib pajak)
·         Surat tanda daftar perusahaan
·         Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
·         Surat tanda rekanan dari pemda setempat
·         SIUP setempat
·         Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan

2.      Aspek sosial ekonomi dan budaya
Berkaitan dengan dampak yang diberikan kepada masyarakat karena adanya suatu proyek tersebut :
a)      Dari sisi budaya
Mengkaji tentang dampak keberadaan peroyek terhadap kehidupan masyarakat setempat, kebiasaan adat setempat.
b)      Dari sudut ekonomi
Apakah proyek dapat merubah atau justru mengurangi income per capita panduduk setempat. Seperti seberapa besar tingkat pendapatan per kapita penduduk, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja setempat atau UMR, dll.
c)      Dan dari segi sosial
Apakah dengan keberadaan proyek wilayah menjadi semakin ramai, lalulintas semakin lancar, adanya jalur komunikasi, penerangan listrik dan lainnya, pendidikan masyarakat setempat.
Untuk mendapatkan itu semua dengan cara wawancara, kuesioner, dokumen, dll. Untuk melihat apakah suatu proyek layak atau tidak dilakukan dengan membandingkan keinginan investor atau pihak yang terkait dengan sumber data yang terkumpul.
3.      Aspek pasar dan pemasaran
Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut :
·         Potensi pasar
·         Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk :
·         Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu, dll.
·         Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau pelung pasar atau seberapa besar pengaruh strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.

4.      Aspek teknis dan teknologi
Berkaitan dengan pemilihan lokasi peroyek, jenis mesin, atau peralatan lainnya yang sesuai dengan kapasitas produksi, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.

5.      Aspek manajemen
Berkaitan dengan manajemen pembangunan proyek dan operasionalnya.

6.      Aspek keuangan
Berkaitan dengan sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan.
Analisis Kelayakan Bisnis
Analisis aspek pemasaran
Dalam analisis pasara ada beberapa komponen yang harus dianalisis dan dicermati, di antaranya :
  • Kebutuhan dan keinginan konsumen;
  • Segmentasi pasar
  • Target;
  • Nilai tambah;
  • Masa hidup produk;
  • Struktur pasar
  • Persaingan dan strategi pesaing
Analisis aspek produksi
Beberapa unsur dari aspek produksi/operasi yang harus dianalisis di antaranya :
  • Lokasi operasi
  • Volume operasi;
  • Mesin dan peralatan;
  • Bahan baku dan bahan penolong;
  • Tenaga kerja;
  • LAY-OUT
Analisis aspek manajemen
Beberapa unsure yang harus dianalisis di antaranya
  • Kepemilikan
  • Organisasi
  • TIM Manajemen
  • Karyawan;
Analisis aspek keuangan
Meliputi komponen-komponen sebagai berikut :
  • Kebutuhan dana;
  • Sumber dana;
  • Proyeksi neraca;
  • Proyeksi laba rugi;
  • Proyeksi aliran kas (cash flow)

A. Latar Belakang
Dewasa ini, perekonomian negara Indonesia menunjukkan kondisi yang kurang menggembirakan bagi para pelaku usaha dan masyarakat. Tingginya angka inflasi nasional pada bulan April 2008 yang mencapai 4,01% dan di DIY yang mencapai 3,07 % dan isu kenaikan maupun kelangkaan harga BBM menjadi bukti adanya kurang kondusifnya kondisi perekonomian negara. Dalam kondisi yang seperti ini, masyarakat semakin terpuruk ketika harga kebutuhan beberapa bahan pokok mengalami peningkatan dan tidak lagi terjangkau yang juga tidak diimbangi dengan meningkatnya pendapatan masyarakat.
Di sektor pertanian, kondisi tersebut juga sangat dirasakan oleh para petani. Biaya operasional yang tidak sebanding dengan harga jual hasil pertanian membuat lesu sektor ini. Terlebih ketika pemerintah menetapkan kebijakan impor untuk beberapa komoditas pertanian yang kualitas dan harganya jauh lebih murah dari hasil pertanian masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, dengan mengacu pada kondisi perekonomian yang kurang kondusif dan tidak berpihak pada perekonomian rakyat, menuntut masyarakat untuk mempunyai daya saing dan keahlian tertentu untuk meningkatkan derajat hidupnya sebagai bekal dalam kehidupan sehari – hari.
Bagi para pelaku usaha, kondisi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana daya beli masyarakat di sekitar sehingga bisa memunculkan permintaan dari beberapa penawaran yang dilakukan oleh perusahaan. Apabila permintaan meningkat memungkinkan pasar menjadi potensial dan ketika kondisi permintaan menurun menyebabkan kondisi
pasar berada pada posisi yang tidak menguntungkan. Yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaiman tingkat persaingan, daya beli masyarakat, dan hukum permintaan maupun penawaran itu terjadi pada kondisi yang demikian.
B. Gambaran Umum Potensi Usaha
Kalau kita mencermati secara lebih mendetail mengenai kondisi perekonomian negara yang kurang stabil, maka apabila kita memposisikan diri sebagai pelaku usaha, maka yang akan telintas pertama kali di benak kita adalah mengenai bagaiman menciptakan sebuah unit usaha bisnis yang prospektif dan menguntungkan dalam jangka pendek dan jangka panjang sebagai tempat untuk melakukan investasi. Pemikiran yang kedua adalah dengan modal yang pas – pasan, produk apa yang akan kita produksi sehingga memunculkan permintaan pasar dan dapat memberikan keuntungan bagi kita. Kiranya pemikiran tersebut pantas muncul ketika kita semua terhimpit pada kondisi ekonomi yang sulit.
Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan analisis mengenai hal – hal yang potensial untuk melakukan usaha agar mampu memberikan manfaat ekonomi bagi kita. Dengan berbekal pada kebijakan pemerintah tentang kegiatan impor komoditas pertanian hal ini memungkinkan untuk terbukannya peluang dalam menjalankan usaha yang berkaitan dengan hal tersebut. Salah satu bentuk usaha bisnis yang bisa dijalankan adalah dengan mendirikan toko buah impor. Selain mengacu pada kebijakan pemerintah tentang impor, mungkin juga sebagai alasan mengapa usaha tersebut punya peluang karena banyak dari masyarakat kita yang cenderung bangga membeli produk – produk dari luar negeri.

C. Gambaran Umum Industri
Dengan mengacu terhadap kebijakan pemerintah yang mengarah pada arus impor beberapa komuditas hasil pertanian, tentunya akan memberikan peluang bagi pemilik modal untuk membidik pasar yang berkaitan dengan hal tersebut. Salah satu unit usaha yang mungkin layak untuk dijalankan adalah unit usaha penjualan buah impor. Unit usaha ini bukan berarti tidak memberikan dukungan terhadap sektor pertanian buah di dalam negeri, melaikan sebagai pelaku usaha kita harus pandai memanfaatkan peluang. Terlebih ketika harga buah lokal mahal dan tidak sebanding dengan kualitasnya, maka pelaku usaha akan cenderung memilih buah impor yang mampu memberikan manfaat lebih.
Persaingan dalan usaha penjualan buah memang sudah kompetitif. Banyak sekali kita jumpai beberapa took buah, baik sekala besar ataupun skala kecil, baik itu dilakukan di toko, kios, outlet, atau tempat berjualan lain seperti di pasar, swalayan, maupun pusat perbelanjaan modern. Untuk dapat bersaing dalam usaha yang bersangkutan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan pemilihan segmen yang tepat, potensial dan belum banyak digarap oleh pihak lain, kemudian menawarkan beberapa keunggulan dan nilai lebih bagi konsumen yang menjadi segmen usaha kita.





















BAB II
ASPEK UMUM DAN ORGANISASI
A. Nama Unit Usaha
Unit usaha ini diberi nama MyFuits dikarenakan bergerak dalam usaha dagang penjualan buah segar dengan kualitas yang baik yang berasal dari Impor maupun penyortiran terhadap buah lokal yang memiliki kualitas yang baik.
Nama organisasi :        Toko Buah “MyFruits”
Jenis Organisasi  :        PT yang melakukan Penjualan buah Impor
Pemilik                           :        Amalia Charitsah
Yulita Erlina Lantha
Nuraini
Danang Ronggo Sasmito
Riyani
 Alamat                 :      Jalan Laksda Adisucipto Km 15, Maguwoharjo, Depok
                                     Sleman, Yogyakarta       
No Telp           :          0274 544321
B. Legalitas Usaha
Dari segi legalitas usaha, unit usaha ini beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari karena unit usaha ini skalanya adalah impor. Beberapa dokumen hukum yang dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah :
a)      Badan hukum
Untuk usaha ini yaitu berupa PT. Karena usaha yang kami lakukan sifatnya merupakan usaha bersama dengan modal bersama dan keuntungan dibagi bersama berdasarkan besarnya Inbreng dari masing masing pemodal, dimana seluruh aktivitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab PT. Selain itu, badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, badan hukumnya merupakan subyek hukum dan kekayaan yang terpisah (modal ).
b)      Tanda daftar perusahaan dan Surat ijin usaha
Usaha toko buah impor memiliki ujin usaha dari dinas perindustrian dan perdagangan dan sudah terdaftar sebagai pelaku usaha penjualan komoditas buah impor. Sesuai dengan UUno. 3/1982 ttg Wajib Daftar Perusahaan, Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.
c)      NPWP
Sebagai unit bisnis, kami juga mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha kami ke Departemen Perpajakan setempat. NPWP merupakan nomer yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
d)      Ijin Domisili dan IMB
Karena unit usaha toko buah impor ini akan didirikan di atas sebidang tanah demi kelancaran usaha maka kami selaku pengusaha juga melakukan perijian untuk pengeringan tanah. Artinya bahwa kami melakukan pengalihfungsian lahan yang semula untuk pertanian menjadi bangunan untuk tempat usaha. Selain itu juga kami melakukan perijinan kepada pemerintah daerah setempat untuk ijin domisili, karena nantinya selaha berlangsung beberapa karyawan kami akan ada yang tinggal dan menetap di tempat tersebut.
e)      Bukti Diri
Unit usaha kami juga mempunyai bukti diri mengenai kepemilikan usaha dan keterangan lain yang berhubungan dengan toko buah impor.
C.Organisasi
a)      Bagan organisasi

Bagan organisasi tersebut di buat agar memudahkan mengenai kepemimpinan organisasi dan dalam pembagian pekerjaan sesuai dengan divisi masing – masing.
b)      Tingkat jabatan
·         Pimpinan, Manajer, Kepala Bagian, Karyawan, Security
D. Personalia
a)      Kebutuhan tenaga kerja
Kami dalam menjalankan usaha toko buah membutuhkan kurang lebih 30 tenaga kerja dengan rincian sebagai berikut ;
·         Pimpinan 1 orang, Manajer 4 orang, 1 Kabag. Pelayanan, Pelayan toko 10 orang, 1 Kabag. Pergudangan, Karyawan bagian pergudangan 2 orang, Driver 3 orang, Clining Service 2 orang, Satpam 2 orang, Petugas parkir 2 orang, Tenaga srabutan 2 orang.
b)      Tingkat balas jasa
Tingkat balas jasa berupa Gaji, jenjang karir, Training, Bonus prestasi dan bingkisan THR,






















BAB III
ASPEK PEMASARAN
A. Segmentasi, Targeting dan Positioning
a)      Segmentasi
Yang menjadi segmen dari usaha toko buah adalah segmen menengah ke atas
b)      Targeting
Yang menjadi target market adalah Ibu rumah tangga, eksekutif muda, dan retail buah.
c)      Positioning
Kami ingin meenciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai Toko buah impor terlengkap, nyaman, menjual buah berkualitas dengan harga yang pas.
B. Permintaan
a)      Perkembangan permintaan saat ini
Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan buah – buah segar semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya buah – buahan sebagai penunjang kebutuhan vitamin bagi tubuh. Terlebih dengan ditunjang oleh beragam cara yang mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan buah – buah segar.
b)      Prospek permintaan di masa yang akan dating
Dengan membanjirnya berbagai macam produk makanan dan minuman yang serba instan dimasyarakat akan menyebabkan kondisi persaingan produk – produk yang berbahan kimia tersebut akan mengalami kejenuhan seiring dengan tingginya persaingan pada industri teresebut. Kondisi tersebut akan memunculkan titik balik dimana akan ditandai dengan berkurngnya permintaan akan produk produk tersebut, dan komsumen beralih ke produk lain yang sejenis yang nonkimia. Terlebih ketika sekarang sedang ada trend dari masyarakat yang lebih menyukai produk – produk makananmaupun minuman herbal dan natural, maka kondisi tersebut jelas akan memunculkan peluang bagi kegiatan bisnis disektor herbal, tentunya bagi sektor pertaian seperti buah-buahan juga akan meningkat seiring dengan tingginya kesadarn masyarakat akan kesehatan mereka.
C. Penawaran
a)      Perkembangan penawaran saat ini
Perkembangan penawaran disektor usaha buah pada saat ini memang relative masih biasa-biasa saja. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini belum dibidik dan dikelola secara serius. Oleh karena itu, agar usaha buah menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen.
b)      Prospek penawaran di masa yang akan datang
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha penjualan buah pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan bagi bagi penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi. Oleh karena itu, bagi pelaku usaha di sektor ini harus mampu melakukan penawaran yang inovatif untuk menarik pasar.
D. Analisis Kelayakan Pemasaran
Dalam melakukan analisis Permintaan, kami menggunakan model matrik pembobotan berskala 1 – 5.
Keterangan :
Sangat lemah    : 1
Lemah              : 2
Sedang             : 3
Kuat                 : 4
Sangat kuat       : 5


            Interval = Nilai tertinggi dari interval – Nilai terendah dari interval
Jumlah Kelas
= 5 – 1
       5
= 0,8
1,00 – 1,80  =  Sangat tidak layak
1,81 – 2,60  =  Tidak layak
2,61 – 3,40  =  Sedang
3,41 – 4,20  =  Layak
4,21 – 5,00  =  Sangat layak
Untuk mengetahui layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat dicari dengan rumus ;
Kelayakan usaha   =         Tatal bobot
Jumlah item yang dinilai
= 75/20
= 3,75
Berdasarkan hasil yang diperoleh sebesar 3,75 maka usaha toko buah impor dari sisi pemasaran dikatakan layak karena masuk pada range 3,41 – 4,20.

E. Analisis Persaingan
Untuk melakukan analisis terhadap kondisi persaingan pada usaha toko buah impor, maka kami menggunakan analisis Matrik Persaingan, yaitu dengan cara :
a)      Membandingkan usaha satu dengan usaha lain yang sejenis pada factor persaingannya, semakin bagus maka semakin tinggi skornya. Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5 .
b)      Dengan membandingkan tingkat kepentingan dari masing – masing factor. Semakin penting, maka skornya semakin tinggi. Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5 .

Berdasarkan pada table matrik analisis tingkat persaingan, maka dapat disimpulkan bahwa usaha MyFruits menduduki pada perigkat teratas untuk kekuatan kompetitifnya, sedangkan pesaing yang paling besar adalah swalayan. Kelemahan dari MyFruits terletak pada Lokasi Toko yang kurang menguntungkan dibandingkan dengan lokasi dari swalayan. Oleh karena itu harus ada pembenahan dan evaluasi terhadap lokasi MyFruits agar nantinya mudah dijangkau oleh konsumen.

F. Program Pemasaran
a)      Tingkat pelayanan Dalam memasarkan buah impor kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan pemesanan, delivery, memilih sendiri buah di rak buah, garansi.
b)      Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
c)      Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi di media masa cetak, leaflet dan spanduk, serta siaran di beberapa stasiun rasio lokal, maupun sebagai sponsor kegiatan masyarakat ataupun instansi pemerintah/swasta.
d)     Kegiatan Distribusi
Untuk kegiatan distribusi, kami menggunakan armada distribusi sendiri.








BAB IV
ASPEK TEKNIS DAN OPERASI
A. Rencana Pengembangan
a)      Evaluasi lokasi
Lokasi yang akan kami pilih untuk mendirikan bangunan sebagai tempat usaha Toko Buah Impor adalah di Jalan Laksda Adisucipto Km 15 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
b)      Sarana dan prasarana
·         Sarana yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah dengan menmanfatkan : Machine Teller, AC, Troli, Toilet, Meja Kursi, Ruang Tunggu, Tempat parkir, kendaraan,dll
·         Sedangkan untuk prasarananya kami menggunakan gedung seluas 1500 m2 untuk toko.
c)      Tenaga ahli dan tenaga biasa
Tenaga ahli yang kami pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha toko kami adalah tenaga ahli pemasaran, keuangn, produksi dan sdm serta teknisi sarana dan prasarana pendukung usaha. Sedangkan untuk tenaga biasa yang kami gunakan adalah wiraniaga, tenaga srabutan / kurir dan bagian cleaning service.
d)     Bahan – bahan utama
Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan usaha toko buah antara lain : berbagai macam buah segar impor dengan kualitas yang baik dan beberapa buah segar produksi lokal yang berkualitas.
e)      Bangunan dan tata letak bangunan
Berkaitan dengan bangunan dan tata letak bangunan, toko buah impor akan didirikan di atas tanah seluah 1500 m2 dimana luas tanah untuk mendirikan bangunan toko 500 m2, dan 1000m2 untuk tempat parkir. Untuk luas bangunan toko adalah 700 dengan dua lantai. Bentuk bangunan berupa ruangan berlantai 2. Tata letak bangunan antara lain bangunan utama sebagai tempat berjualan, tempat parkir, kafe buah, loby, ruang informasi dan penitipan, toilet.

f)       Jadwal pelaksanaan
Usaha toko buah impor akan mulai didirikan pada tanggal 1 Juni 2008 sampai tanggal 10 Desember 2008 untuk kegiatanpembangunan gedung, dan kegiatan operasional penjualan mulai lounching dan diperkenalkan ke masyarakat mulai tanggal 01 Januari 2009.
g)      Perkiraan biaya teknis dan operasi
Biaya teknis dan operasional diperkirakan mencapai Rp750.000.000,-
B. Rencana Pengoperasian Usaha
a)      Proses operasi usaha
Proses operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
b)      Kebutuhan bahan operasi
Kebutuhan bahan operasi Toko Buah MyFruits dikelola oleh masing masing departemen dan nantinya dikoordinasikan dengan pimpinan mengenai kebutuhn bahab operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk dan kegiatan kemasaran.
c)      Kegiatan perawatan mesin
Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin – mesin yang kami gunakan. Misalnya perawatan kendaraan, perawatan AC, Rak pendingin, troli. Perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami.

BAB V
ASPEK KEUANGAN
A. Kebutuhan Dana Investasi
a)      Investasi harga tetap
Investasi ini mencapai Rp 10.400.000,-
b)      Biaya pra operasi
Biaya pra operasi mencapai Rp 884.600.000,- yang digunakan untuk proses pembelian tanah dan mendirikan bangunan.
c)      Modal kerja
Modal kerja digunakan untuk membiayai seluruh aktiva lancar yang mencapai Rp 305.000.000,-
Total kebutuhan dana Investasi = Rp 1,2M
B. Rencana Pembelanjaan dan Sumber Dana
a)      Modal sendiri
Modal sendiri              Rp 1.900.600.000,-
b)      Pinjaman bank
Pinjaman dari bank     Rp   489.000.000,-
C. Rencana Kebutuhan Dana
a)      Aktiva Tetap
·         Tanah 1000m2                                    Rp 250.000.000
·         Bangunan, 700 m2                              Rp 400.000.000
·         Rak pendingin, 100 buah                    Rp 120.000.000
·         Sofa, 5 set                                           Rp     7.000.000
·         Troli, 20 buah                                      Rp   10.000.000
·         Kranjang tas buah, 50 buah                Rp        600.000
·         Timbangan, 4 buah                              Rp     1.000.000
·         Komputer dan Machin Teller, 4 buah Rp   12.000.000
·         Mobil operasional 1 buah                    Rp   60.000.000
·         Motor 2 buah                                      Rp   24.000.000 +
Jumlah Aktiva Tetap                                Rp 884.600.000
b)      Aktiva Lancar
·         Kas                                                      Rp 150.000.000
·         Buah impor                                         Rp 150.000.000
·         Buah lokal                                           Rp     5.000.000 +
Jumlah Aktiva Lancar                              Rp 305.000.000
Total Aktiva                                             Rp 1.189.600.000
D. Proyeksi Keuangan
a)      Proyeksi pendapatan

·         Pendapatan per hari                Rp      15.000.000
·         Pendapatan per bulan              Rp    420.000.000
·         Pendapatan per tahun                         RP 5.040.000.000
b)      Proyeksi biaya per tahun
·         Pengadaan buah                      Rp 1.860.000.000
·         Gaji karyawan
- 1 Pimpinan                          Rp      24.000.000
- 4 Manajer                            Rp      86.000.000
- 1 Kabag. Pelayanan            Rp      13.200.000
- 10 Pelayan toko                  Rp    108.000.000
- 1 Kabag. Pergudangan        Rp      12.000.000
- 2 Karyawan gudang            Rp      21.600.000
- 3 Driver                               Rp      25.200.000
- 2 Clining Service                 Rp      14.000.000
- 2 Satpam                             Rp      24.000.000
- 2 Petugas parkir                  Rp      13.200.000
- 2 Tenaga srabutan               Rp      12.000.000
Jumlah gaji karyawan            Rp    353.200.000
·         Biaya listrik                             Rp      12.000.000
·         PBB                                         Rp        2.400.000
·         PPn                                          Rp    504.000.000
·         Biaya Telp.                              Rp        4.000.000
·         Perlengkapan kebersihan         Rp        1.000.000
·         Dep bangunan gedung 20th    RP      32.000.000
·         Dep Komp/Machin Teller 2th RP        1.000.000
·         Dep kendaraan 5th                  Rp      16.000.000
·         Dep sofa 2th                            Rp        3.500.000
·         Dep rak pendingin 3th             Rp      40.000.000
·         Dep troli 5th                            Rp        2.000.000
·         Dep timbangan 2th                  Rp           500.000
·         Dep keranjang 1th                   Rp        1.000.000
Jumlah Biaya                                 Rp 3.185.800.000
c)      Proyeksi rugi / laba
Perhitungan laba /rugi yaitu dengan menghitung selisih dari pendapatan dengan pengeluaran.
Laba/Rugi       = Pendapatan – Pengeluarn
= Rp 5.040.000.000 – Rp 3.185.800.000
= Rp1.854.200.000
Dengan demikian laba yang diperoleh per tahun dalam penjualan buah adalah sebesar Rp 1.854.200.000
d)     Proyeksi kemampuan pelunasan hutang
Hutang dilunasi dalam jangka waktu 10 tahun dengan bungan 12 % per tahun.
c)      Perhitungan kelayakan usaha
1)      Dengan metode Payback Periode
Payback Period = Investasi x 1 tahun
     Arus Cash Inflow
·           Arus Cash Flow = EAT + Depresiasi
·           Aktiva tetap Rp 884.600.000
·           Depresiasi = Rp 96.000.000 per tahn
= diperoleh dari total depresi
Beban Depresiasi
·         Keuntungan bersih per tahun = Omset per tahun – biaya operasional
= Rp 5.040.000.000 – Rp 3.185.800.000 = Rp 1.854.200.000
·         Hari kerja per tahun diasumsikan 336 hari
·         Misalkan usaha tersebut setelah dikurangi pajak 15 % adalah
EAT= 30 %xRp1.854.200.000
EAT= Rp 1.297.940.000
2)      Dengan Rate of Return
Yaitu dengan membandingkan Rata – rata EAT dengan Rata- rata Investasi
Misalkan pendapatan per tahun adalah sebagai berikut ;












Rata – rata EAT = Rp 1.150.094.000
Rata – rata Investasi Rp 1.189.600.000/2 =Rp 594.800.000
ARR     = 1.150.094.000
      594.800.000
 =193,3581%

3)      Dengan Net Present Value ( NPV )
Jika NPV > 0 Usulan proyek diterima ( Positif )
Jika NPV < 0 Usulan proyek ditolak ( Negatif )
Jika NPV = 0 Nilai perusahaan tetap dan perlu pertimbangan lagi
NPV    =
= Rp 5.437.610.202 - Rp 1.189.600.000
= RP 4.248.010.202

Dengan demikian investasi yang dilakukan dalam pembuatan usaha Toko Buah Impor dapat dikatakan layak karena hasil dari NPV positif yaitu sebesar Rp 4.248.010.202












BAB VI
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
A. Penambahan Devisa
Adanya investasi di dalam usaha Toko Buah impor membawa dampak terhadap devisa negara Indonesia melalui bea cukai pajak barang impor. Pendapatan pemerintah meningkat melalui pajak penghasilan yang harus dibawayarakan oleh Toko Buah MyFruits.
B. Penyerapan tenaga kerja
Usaha Buah Impor memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 27 orang dan memperkecil angka pengangguran di masyarakat.
C. Dampak terhadap lingkungan masyarakat
a. Adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para karyawan.
b. Adanya lowongan lapangan pekerjaan baru
c. Peningkatan gizi masyarakat melalui konsumsi buah berkualitas
D. Dampak terhadap industri lain
a. Bagi usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.
b. Bagi petani buah lokal akan berupaya untuk meningkatkan kualitas produksinya.














BAB VII
KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha toko buah mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Terlebih ketika ada dukungan dari beberapa kebijakan pemerintah yang mengarah pada pemanfaatansektor impor, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi buah - buahan segar sebagai makanan penambah vitamin guna menjaga kesehatan, serta tingkat persaingan yang belum terlalu komptetitif, maka kondisi tersebut memberikan peluang yang baik untuk dibidik dijadikan peluang usaha. Peluang tersebut memberikan rasa optimis untuk menjalankan usaha ini.
B. Saran
Dalam menjalankan usaha penjualan buah impor, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga stabilitas pasokan buah impor yang berkualitas dan mencari segmen yang tepat. Penentuan lokasi juga menentukan dalam memasarkan buah impor.

 
Tugas VI: Manajemen dan Kewirausahaan



STUDI KELAYAKAN BISNIS
“Usaha Counter Handphone”










Disusun Oleh
Ardianty Fitria Thamin
080 213 083









 














UNIVERSITAS SAM RATULANGI
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN ELEKTRO
MANADO
2010

STUDI KELAYAKAN BISNIS
“Usaha Counter Handphone”

Studi kelayakan bisnis adalah penelitian tentang dapat tidaknya suatu bisnis dilaksanakan dengan berhasil dengan pertimbangan mendapatkan manfaat financial. Atau dengan pengertian yang lain studi kelayakan bisnis adalah penelitian tentang berhasil tidaknya proyek investasi dilaksanakan secara mengungkan (penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan ekses sumber daya, penghematan devisa, dan peluang usaha).

Dalam tugas kali ini saya akan membahas tentang studi kelayakan bisnis terhadap usaha counter handphone dan pulsa. Disini intisari yang akan dibahas yakni tentang kajian teknis, kajian financial dan kajian ekonominya.

1.        Kajian Teknis
Disini yang perlu kita pertimbangkan yaitu bagaimana kita mencari lokasi pemasaran yang strategis, tenaga ahli dibidang terkait, bahan-bahan utama yang diperlukan, dan desain bangunan (tata bangunan).
  1. Lokasi Pemsaran
Disini lokasi yang dipilih adalah lokasi yang berada diseputaran mall atau tempat yang banyak dikunjungi orang seperti pusat perbelanjaan atau lainnya. Lokasi yang strategis sangat berpengaruh bagi lancarnya usaha yang akan dijalankan.
  1. Tenaga ahli
Tenaga ahli disini yang akan dipekerjakan adalah tenaga yang mampu dan mengrti dibidang handphone (penyervisan) dan sales untuk memasarkan pulsa maupun handphone yang ada. Untuk sales disini tidak bergantung dari latarbelakang pendidikannya. Karena disini yang dibutuhkan sales, jadi saya berpikir sebaiknya mencari tenaga kerja perempuan.
  1. Bahan-bahan yang diperlukan
Bahan-bahan utama yang akan dibutuhkan pada usaha dagang ini antara lain, handphone (dari berbagai merek), sparepart handphone (baterai dan sebagainya), dan asesoris handphone.
  1. Desain Bangunan
Berkaitan dengan usaha yang akan dijalankan dibituhkan paling kurang memiliki panjang 5 meter dan lebar 4 meter. Desain dini adalah ruko dengn 2 lantai. Mengapa dirancang demikian, kerena tempat usaha akan berada dilantai dasar sedangkan dilantai dua akan digunakan sebagai gudang sekaligus tempat untuk service handphone.

Penilaian kelayakan terhadap aspek tenknis penting untuk dilakukan sebelum suatu usaha dijalankan. Penentuan kelayakan teknis akan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan proses operasi perusahaan. Oleh karena itu jika aspek teknis ini tidak dianalisis secara mendalam akan berdampak fatal terhadap proses produksi perusahaan di kemudian hari. Analisis dalam aspek teknis adalah untuk menilai kesiapan perusahaan dalam menjalankan usaha dengan menilai ketepatan lokasi, luas produksi dan lay-out serta kesiapan mesin yang akan digunakan.

2.        Kajian Ekonomi
Setiap kegiatan usaha yang dijalankan tentunya akan memiliki dampak baik positif maupun negatif. Dampak ini akan dirasakan oleh berbagai pihak, baik pengusaha, pemerintah maupun masyarakan secara luas. Bagi masyarakat adanya investasi dapat memberikan peluang dalam peningkatan kesejahteraan. Sementara itu, bagi pemerintah adanya investasi dapat meningkatkan pendapatan baik bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Dalam aspek ekonomi dan sosial yang perlu ditelaah adalah adakah manfaat yang akan diperoleh baik secara ekonomi maupun sosial bagi berbagai pihak atau sebaliknya. Oleh karena itu, aspek ekonomi dan sosial ini perlu di pertimbangkan karena dampak yang ditimbulkan nantinya akan sangat luas apabila perusahaan/investor salah dalam melakukan penilaian terahdap kelayakan suatu proyek. Disini yang akan dibahas mengenai penyerapan tenaga kerja, dampak bagi usaha sejenis dan dampak bagi lingkungan masyarakat.
a.       Penyerapan Tenaga Kerja
Dari usaha yang direncanakan dapat ditaksir diperlukan tenaga kerja sebanyak 8 orang dengan 6 orang sebagai sales dan 2 orang sebagai teknisi handphone. Dengan begini dapat mengurangi akngka pengangguran yang ada.
b.      Dampak tehadap usaha sejenis
Dengan adanya usaha ini dampak bagi usaha sejenis adalah lebih meningkatnya persaingan. Maka dari itu kita harus memikirkan terobosan-terobosan yang baru agar kita tidak kalah bersaing didalam usaha yang akan kita geluti ini.
c.       Dampak bagi lingkunag masyarakat
Dengan adanya usaha ini berdampak meningkatnya ekonomi masyarakat khususnya para karyawan, selain itu adanya lowongan pekerjaan baru. Dari usaha ini akan membantu masyarakat untuk mengetahui teknoligi yang terbaru dalam hal ini dibidang handphone.

3.        Kajian Finansial
Yang akan dibahas dalam hal ini berapa banyak dana yang akan kita butuhkan untuk menjalankan usaha ini, keuntungan serta kerugian yang mungkin akan kita dapatkan nantinya. Kajian disini meliputi:
a.       Kebutuhan dana investasi
ü  Biaya Pembangunan
Pembelian tanah/lahan                                                        Rp.      50.000.000
Pembangunan (pengecatan dll)                                          Rp.    100.000.000
Gaji buruh                                                                           Rp.        5.000.000
ü  Pembelian bahan baku
Handphone (dari berbagai merek)                                      Rp.    200.000.000
Sparepart (handphone)                                                       Rp.      20.000.000
Asesoris dll                                                                         Rp.        5.000.000
TOTAL                                                                             Rp.    380.000.000
b.      Rencana pembelanjaan dan sumber dana
Modal sendiri                                                                     Rp.    250.000.000
Pinjaman di Bank                                                               Rp.    750.000.000
TOTAL                                                                             RP  1.000.000.000
c.       Proyeksi Keuangan
ü  Proyeksi Pendapatan
Pendapatan per hari                                                            Rp.       10.000.000
Pendpatan per bulan                                                           Rp.     300.000.000
TOTAL Pendapatan per tahun                                      Rp.  3.600.000.000
ü  Proyeksi biaya per bulan
Pengadaan handphone                                                       Rp.     150.000.000
Gaji karyawan  1 karyawan Rp.  1.000.000 X 8                Rp.         8.000.000
Biaya listrik                                                                        Rp.         1.500.000
PBB                                                                                    Rp.         1.000.000
PPn                                                                                     Rp.       30.000.000
Lain-lain (cetak nota dll)                                                    Rp.         1.000.000
TOTAL                                                                             Rp.    191.500.000




ü  Proyeksi rugi/laba
Perhitungan laba /rugi yaitu dengan menghitung selisih dari pendapatan dengan pengeluaran.
Laba/Rugi  = Pendapatan – Pengeluaran
                    = 300.000.000 – 191.500.000
                    = 108.500.000 per bulan
ü  Proyeksi kemampuan pelunasan hutang
Diperkirakan hutang dapat dilunasi dalam jangka waktu 5 tahun dengan bunga 10% per tahunnya. Jadi hutang yang akan dibayarkan perbulannya adalah Rp.18.750.000.
ü  Keuntungan Bersih per Bulan
Keuntungan bersih per bulan          = Omset per bulan – biaya operasional
                                                        = 300.000.000 – 210.250.000
                                                        = 89.750.000 per bulan

KESIMPULAN
            Dari kajian yang telah dilakukan didapatkan bahwa usaha counter handphone bisa dibilang sangat menguntungkan. Karena dari hasil perhitungan keuntungan perbulan digambarkan hamper mencapai Rp. 90 juta yakni Rp. 89.750.000. Coba bayangkan bila dihitung dalam setahun, maka keuntungan yang akan kita capai apa bila usaha yang kita jalankan tersebut berhasil mencapai Rp. 1.077.000.000. Namun hal ini masih dalam perencanaan, dan itu bias saja terwujud melalui usaha dan kerja keras srta kemuan untuk menjalankan sesuatu dengan hati yang ikhlas dan sunguh-sungguh.

SARAN
            Untuk mendapatkan kesuksesan dalam menjalankan usaha, intinya kita harus bekerja keras dan sunguh-sunguh menjalani dan menekuninya. Selain itu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, tenaga ahli yang kita masukkan dalam daftar kayawan yang dibutuhkan bias saja kita mencari orang yang bias dan mau untuk menyewa di counter kita dengan biaya yang dapat dinegosiasi. Cara lain juga untuk mendapat keunutngan dibidang lainnya, kita bias mengadakan pengisian aplikasi untuk handphone tertentu dan mengadakan penjualn pulsa (dari berbagai operator).
DAFTAR PUSTAKA
2008. Charitsah A, Lantha Y.E, Nuraini, Sasmito D.R, Riyani.  PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS USAHA TOKO BUAH IMPOR ; “MyFruits”.   JURUSAN ILMU ADMINISTRASI BISNIS. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK. UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN”.
YOGYAKARTA.






1 komentar: