Minggu, 12 Desember 2010

Nama : Olivia Sinaulan NRI : 070 213 028


TUGAS MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN

BISNIS INFORMASI


BISNIS INFORMASI
                                         
Bisnis informasi memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Mulai dari sumber informasinya, pengolahan informasi sampai pada distribusinya (lewat media cetak maupun media elektronik).
Misalnya suatu untuk memperoleh informasi atau berita tentang kejadian-kejadian terkini orang membeli koran (media cetak). Hal sederhana seperti ini sudah mencerminkan bagaimana bisnis informasi itu. Atau contoh yang lain yaitu suatu perusahaan surat kabar atau stasiun TV harus mengeluarkan biaya demi mendapat informasi yang akurat dan relevan dari narasumbernya. Ini juga adalah bisnis informasi. Jadi ada begitu banyak bisnis informasi yang terjadi di sekitar kita.
Saat ini internet merupakan salah satu media yang menyediakan informasi tanpa batas dari seluruh pelosok dunia. Karena perkembangannya yang begitu pesat, sehingga masyarakat golongan bawah pun bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh internet bahkan dengan cara yang cepat dan mudah kita sudah bisa memperoleh informasi. Ini yang menjadikan internet sebagai fasilitas penyalur informasi yang sangat penting.
Ketersediaan internet bukan hanya membantu orang dalam memperoleh informasi saja, tapi ternyata bisa juga membuka peluang dalam berbisnis yaitu layanan penyediaan informasi digital yang selengkapnya dapat dibaca pada artikel yang saya peroleh berikut ini.



Bisnis Informasi Digital Melalui Internet

Dewasa ini banyak orang menjalankan bisnis melalui internet. Kebanyakan orang menggunakan internet sebagai sarana promosi dan pemasaran. Akan tetapi, belum banyak orang yang mengetahui rahasia besar di balik bisnis melalui internet. Suatu cara baru berbisnis melalui internet adalah berbisnis informasi digital. Informasi digital dapat berbentuk sebuah perangkat lunak (software), sebuah buku elektronik (e-book) atau sebuah video tutorial. Produk berupa informasi digital ini merupakan suatu file dalam bentuk digital yang disimpan di dalam suatu server. File ini kemudian dimasukkan dalam website internet sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Orang yang tertarik ingin membeli produk ini setelah melihat penawarannya di internet dapat mengaksesnya setelah mengirimkan konfirmasi pembayaran dan menerima password untuk membukanya. Pada prinsipnya, semua orang dapat membuat produk informasi digital yang bisa ditawarkan melalui internet. Produk tersebut dapat berupa audio file, tutorial (pengajaran suatu mata pelajaran/mata kuliah) ataupun buku elektronik (e-book). Informasi berupa audio file dapat dibuat dalam bentuk ceramah, pidato, maupun musik dan lagu. Bentuk audio file dapat digabung dengan file yang lain sehingga dapat berbentuk format multimedia. Ini sangat cocok untuk penyediaan suatu tutorial tentang suatu pelajaran dengan memuat gambar, teks dan suara dalam bentuk presentasi multimedia. Informasi atau pengetahuan yang dapat kita jadikan informasi digital untuk dijual melalui internet dapat kita temukan di sekitar kita. Informasi tersebut biasa berupa hobi, profesi, dan lain-lain. Misalnya, profesi kita dalam bidang komputer maka keterampilan dalam bidang komputer yang kita kuasai dapat kita jadikan sebagai informasi digital yang akan kita jual. Setiap informasi yang kita punya dan mungkin diperlukan oleh orang lain adalah sesuatu yang dapat kita jadikan sebagai informasi digital.
Pernahkan Anda membayangkan dapat melakukan aktivitas bisnis tanpa harus beranjak dari tempat duduk Anda? Atau mungkin Anda punya keinginan melakukan aktivitas bisnis tetapi tidak memiliki banyak waktu karena sibuk dengan kegiatan di kantor maupun dengan keluarga di rumah? Atau Anda ingin sekali berbisnis tetapi tidak memiliki modal yang cukup untuk mewujudkannya karena biasanya bisnis membutuhkan modal yang besar? Pertanyaan- pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas dalam pikiran kita tanpa kita melihat ada jalan keluar yang dapat kita lakukan.
Jawaban untuk semua pertanyaan di atas ada pada internet. Dengan kemajuan yang dicapai oleh teknologi informasi khususnya internet, anda dapat mewujudkan impian anda seperti yang tersebut di atas. Dengan internet anda dapat melakukan aktivitas bisnis tanpa perlu meninggalkan pekerjaan anda di kantor, dapat dilakukan sambil duduk bahkan sambil tidur di rumah, dan tidak memerlukan modal yang besar. Modal besar yang anda butuhkan hanyalah kemauan dan gagasan yang kreatif. Anda pasti sangat tertarik dengan bisnis yang satu ini bukan?
Peranan Informasi Dalam Kehidupan
Setiap orang sangat membutuhkan informasi. Setiap aktivitas yang kita jalankan selalu berpedoman pada informasi yang kita peroleh. Misalnya, bila kita mendapatkan informasi bahwa jalan A sangat macet maka kita tidak akan pergi melewati jalan tersebut. Contoh lainnya, apabila kita ingin membeli suatu barang dengan harga yang murah dan kita mendapat informasi bahwa di toko B barang tersebut dijual dengan harga murah dibandingkan toko yang lain, maka kita akan membeli barang ke toko tersebut. Dari uraian di atas tampak informasi memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Sedemikian pentingnya informasi itu telah membuat setiap orang berusaha mencari sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkannya. Informasi penting yang berkualitas dapat meningkatkan pula kualitas kehidupan seseorang.
Informasi tersebar di seluruh dunia dan kita memerlukan cara bagaimana memperoleh informasi tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi maka orang menciptakan internet. Dengan adanya internet setiap orang mendapatkan kesempatan memperoleh informasi dari tempat-tempat yang jauh tanpa harus mendatang tempat tersebut. Informasi bisnis sampai ilmu pengetahuan yang tersebar di seluruh dunia dapat kita cari melalui internet. Internet telah memberikan jalan bagi kita untuk memperoleh informasi dengan mudah dan cepat.
Sesungguhnya dibalik peranan penting informasi dan perkembangan teknologi informasi belakangan ini ada suatu peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang. Peluang ini masih sangat terbuka dan akan semakin besar kebutuhannya di tahun-tahun yang akan datang. Hal ini dapat terjadi ditunjang oleh kemudahan orang untuk dapat mengakses internet dengan cepat.
Perkembangan yang cepat dari teknologi informasi khususnya internet telah membuka suatu peluang bisnis baru, yaitu layanan penyediaan informasi digital melalui internet, seperti yang nanti akan dijelaskan. Peluang ini bertambah besar dengan telah dikembangkannya teknologi ADSL yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses internet dengan kecepatan tinggi dan dapat dilakukan dari rumah. Tulisan ini dibuat sebagai suatu wacana tentang peluang bisnis informasi digital melalui internet tersebut.
Bisnis Layanan Penyediaan Informasi Digital
Selama ini produk yang ditawarkan melalui internet dapat dikategorikan sebagai barang dan jasa. Penjualan produk berupa barang dan jasa memerlukan pengiriman barang dan jasa tersebut dari penjual ke pembeli. Dalam hal ini internet dijadikan sebagai media promosi yang memerlukan proses pengiriman barang dan jasa tersebut secara offline.
Berbeda dengan proses di atas, apabila produk yang ditawarkan melalui internet berupa informasi digital maka pembeli dapat langsung mengakses produk tersebut secara online tanpa harus menunggu barang atau jasa dikirimkan, tentunya setelah proses pembayaran dilakukan. Ini adalah salah satu kelebihan dari bisnis informasi digital. Informasi digital dapat berbentuk sebuah perangkat lunak (software), sebuah buku elektronik (e-book) atau sebuah video tutorial.
Produk berupa informasi digital ini merupakan suatu file dalam bentuk digital yang disimpan di dalam suatu server. File ini kemudian dimasukkan dalam website internet sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Orang yang tertarik ingin membeli produk ini setelah melihat penawarannya di internet dapat mengaksesnya setelah mengirimkan konfirmasi pembayaran dan menerima password untuk membukanya.
Peluang yang ditawarkan oleh bisnis ini adalah bahwa setiap orang mempunyai kesempatan untuk melakukan bisnis informasi digital ini. Dengan kemudahan akses internet yang bisa menjangkau sampai ke rumah-rumah semakin membuka peluang ini. Setiap orang dapat melakukan bisnis ini dan pasar yang dituju sudah ada. Apalagi di tahun-tahun yang akan datang semakin banyak orang yang menggunakan internet. Pasar yang ada bisa mencakup dalam negeri bahkan luar negeri. Bayangkan produk yang kita tawarkan bisa dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia.

Keunggulan Bisnis Informasi Digital
Bisnis informasi digital memiliki keunggulan sebagai berikut:
Tidak membutuhkan modal yang besar
Tidak memerlukan proses produksi, karena kita cukup membuat satu file digital dan file    tersebut tinggal dicopy (didownload) oleh pembeli. Satu file digital yang kita buat dapat diakses oleh ribuan pembeli/pelanggan. Ini artinya dengan satu file dapat melayani permintaan ribuan pembeli/pelanggan tanpa harus memproduksi secara masal
Tidak membutuhkan kantor dan gudang untuk menyimpan barang. Dan dapat
dikerjakan di rumah sehingga memperkecil biaya produksi
Tidak memerlukan kurir untuk mengantarkan produk kepada pembeli/pelanggan
Dapat diselanggarakan secara online yang sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya

Perkembangan yang pesat dalam teknologi informasi telah membuka suatu peluang bisnis baru yang memiliki prospek bagus di masa depan. Bisnis ini adalah bisnis penyediaan informasi digital. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, tidak membutuhkan duplikasi produk (proses manufaktur), dijalankan secara online dan mudah dijalankan. Keuntungan yang dijanjikan oleh bisnis ini sangat besar dan dapat dijalankan selama24 jam. Prospek bisnis informasi digital ini semakin menjanjikan dengan ditunjang oleh adanya teknologi ADSL yang dapat menyediakan akses internet berkecepatan tinggi dan dapat menjangkau rumah-rumah dan kantor-kantor.


KOMUNIKASI BISNIS

Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
  • Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
  • Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
  • Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  • Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  • Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif. Sistem informasi adalah sistem yang mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data dan informasi. Sistem Informasi dibuat sesuai dengan keperluan organisasi dan tingkatan manajemen-nya.. Sistem informasi telah digunakan sejak dahulu untuk mendukung operasional suatu organisasi, untuk melakukan pengambilan keputusan, dan untuk perencanaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Berbagai contoh sistem informasi dapat disaksikan di berbagai tempat, antara lain:
  • Sistem pemesanan (reservasi) tiket, baik pesawat terbang, kapal laut, dan kereta api yang dapat disaksikan dibeberapa agen perjalanan.
  • Sistem POS (point-of-sale) yang digunakan di-counter pasar swalayan dan supermarket ketika pelanggan akan membayar belanjaannya.
  • Pelayanan nasabah bank ketika menabung maupun menarik uang diberbagai counter/teller bank.
  • Sistem informasi persediaan barang maupun sistem inventaris di berbagai kantor.
  • Sistem pelayanan kredit kendaraan untuk mengelola informasi pembayaran dan hutang para pelanggan
  • Sistem pencatatan dan peng-inderaan jarak jauh untuk memantau aktivitas disekitar kawah gunung berapi
  • Sistem akuntansi diberbagai outlet toko
  • dan berbagai sistem lainnya
Sistem informasi tidak selalu rumit/kompleks sehingga harus dilakukan dengan bantuan program komputer dalam jaringan, adakalanya sistem informasi sangat sederhana misalnya hanya dengan menggunakan buku dan pulpen, dengan kata lain, sistem informasi bergantung pada kondisi organisasi yang menggunakannya.
Sistem informasi yang menggunakan komputer sering disebut sebagai Computer Based Information System (CBIS), atau sistem informasi berbasis komputer. Pada buku ini yang dimaksud dengan sistem informasi adalah CBIS. Keunggulan utama dari CBIS antara lain adalah sebagai berikut:
  • melaksanakan perhitungan yang rumit, ber-volume besar, dan berkecepatan tinggi.
  • menyimpan data/informasi dalam jumlah besar, walaupun secara fisik alat penyimpannya cukup kecil (harddisk, flash disk, CD-ROM, DVD-ROM).
  • memungkinkan akses data/informasi dalam jumlah besar, waktu singkat, walaupun lokasi geografis mungkin berjauhan.
  • menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat, dan cepat.
  • meningkatkan effektivitas dan effisiensi dari para pekerja baik per-orangan maupun berkelompok, dalam satu lokasi ataupun tersebar dibeberapa lokasi.
Ada beberapa alasan mengapa sistem informasi berbasis komputer semakin lama semakin digemari oleh organisasi, antara lain:
  • Perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama teknologi informasi yang menjadi tulang punggung sistem informasi. Komputer semakin cangging semakin mudah digunakan namun harganya semakin murah, sehingga tidak ada lagi organisasi modern yang tidak menggunakan komputer. Perusahaan yang menggunakan sistem informasi berbasis komputer ternyata lebih unggul dalam persaingan, karena dapat memberi pelanyanan informasi cepat dan tepat.
  • Pengaruh globalisasi ekonomi menyebabkanlokasi geografis bukan menjadi hambatan organisasi untuk ber-aktivitas, produk dapat ditawarkan dan dapat dibeli dari lokasi mana saja didunia ini, tentu dengan bantuan sistem dan teknologi informasi.
  • Teknologi mempersingkat waktu proses, dengan demikian organisasi yang tidak beralih ke CBIS akan tertinggal karena proses dalam organisasi-nya berjalan lambat, pelayanan tidak memuaskan, pelanggan bisa pindah ke tempat lain.
  • Pelanggan semakin cerdas, menggunakan teknologi untuk mencapai tujuannya, sehingga perdagangan tidak melulu ditentukan oleh faktor ekonomis, tetapi juga faktor politis dan faktor sosial. Organisasi memerlukan sistem informasi yang juga canggih mengimbangi kecanggihan pelanggan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar