Minggu, 21 November 2010

Bong Elian Reginald ( 070213052 ) - Bisnis Informasi


§    Perkembangan Informasi Bisnis
Mungkin anda sering atau bahkan tidak jarang mendengar kata bisnis atau juga bisnis online, dan secara praktik tentu anda sudah sangat paham tentang esensi bisnis itu sendiri. Dalam artikel ini saya akan mencoba memberi sedikit penjelasan tentang pengertian bisnis secara teori.

Berikut merupakan sumber-sumber yang menerangkan tentang pengertian bisnis. Secara harfiyah Bisnis berasal dari kata business →busy → sibuk. “Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”

Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya (ilmu ekonomi)

Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari

Bisnis sebagai suatu system yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990]

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert] Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi

Aspek-aspek bisnis: Kegiatan individu dan kelompok Penciptaan nilai Penciptaan barang dan jasa Keuntungan melalui transaksi.

Sekian informasi singkat tentang pengartian bisnis yang bisa anda ketehui. yang terpenting dalam bisnis bukanlah seberapa dalam anda mengetahui tentang bisnis, namun yang terpenting andalah action yang dapat anda lakukan. Terbukti banyak sekali orang sukses yang secara teori, mereka agak kesulitan untuk menjelaskan apa itu pengertian bisnis. Trapi ketika praktik mereka bisa menjadi seorang yang luar bisasa dalam aksinya bahkan jauh melebihi teori-teori yang pernah dijelaskan dalam bangku kuliah sekalipun. Jika penasaran cobalah sekali-sekali anda bertanya kepada teman, saudara atau orang sukses berbisnis sekitar anda!!

§    Bisnis Informasi Penjualan E-bay

Sejarah
eBay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai "AuctionWeb", bagian dari situs pribadi yang termasuk, tulisan sumbangan Omidyar terhadap virus Ebola. Awalnya situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftar nama domain "EchoBay.com" namun nama itu telah dimiliki orang lain, jadi dia memendekkan namanya menjadi "eBay.com". eBay bermarkas di San Jose, California, Meg Whitman telah menjadi presiden eBay dan CEO-nya sejak Maret 1998.
Kesuksesan e-bay ini menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan lelang lainnya yang menyebar keseluruh dunia. Ide daripada eBay ini merupakan salah satu contoh dari fenomena "Long Tail" yang dipaparkan oleh Chris Andersen lewat bukunya yang berjudul sama "The Long Tail", dimana pasar ideal akan tercipta dimana keragaman barang yang dijual akan semakin banyak, sementara jumlahnya semakin sedikit.


§  Pengertian
Ebay.com adalah pusat jual-beli dan lelang barang atau jasa online terbesar didunia, semua orang dari seluruh dunia dapat membeli atau menjual barang di EBAY.
Mengapa dari sekian banyak bisnis informasi internet kita bisa memilih EBAY :
• Dengan EBAY anda bisa menghasilkan uang dari internet tanpa menguasai masalah-masalah teknis internet marketing seperti : Keyword, SEO, Traffic, dan sebagainya..
• Dibandingkan dengan bisnis internet lainnya. Bisnis Ebay adalah bisnis informasi internet yang paling mudah tetapi paling powerful.
• Sangat cepat untuk mendapatkan uang dari internet melalui EBAY. Hanya butuh waktu kurang dari satu minggu. Tidak seperti bisnis internet  lainnya yang harus menunggu cek pembayaran.

Akhir-akhir ini banyak kita jumpai iklan-iklan di internet bermunculan yang isinya berbagai macam bisnis online. Dalam kesempatan ini saya akan membahas salah satu alternatif bisnis online yaitu bisnis eBay. Berbisnis di eBay, menjual barang atau produk di salah satu situs web terbesar di dunia, ebay.com. Tentu anda sudah mengenal ebay, situs lelang dan jual beli barang tertua di dunia. Dengan reputasi keamanan dalam bertransaksi secara online membuat ebay menjadi pilihan favorit untuk yang gemar berbelanja online. Jutaan anggota dari seluruh dunia mengakses ebay hanya mempunyai 2 tujuan, yaitu menjual atau membeli. Traffic yang tinggi sehingga tidak memerlukan mahir SEO untuk menaikan sales kita. Ada berbagai macam cara dan metode untuk dapat memperoleh penghasilan di ebay ini, salah satu cara yang ingin saya bagikan kali ini adalah dengan menggunakan metode dropship.
Bisnis ebay pertama kali saya kenal melalui seorang sahabat saya. Saat melihat sekilas tentang cara kerja bisnis ini saya langsung tertarik. Karena dengan metode bisnis sistem dropship mempunyai kelebihan yaitu kita bisa langsung memulai berjualan barang tanpa harus mempunyai stok barang terlebih dahulu dan kita tidak perlu repot untuk membungkus maupun mengirim barang untuk konsumen kita. Semua pekerjaan dilakukan oleh dropshipper tersebut. Jadi bisnis menjual barang di ebay dengan menggunakan sistem dropship ini murni dilakukan hanya didepan komputer saja.
Apabila kita mengetikan kata kunci "dropship" di google akan muncul hasil berbagai macam website yang menawarkan bisnis dengan jasa dropship. Tapi kita harus hati-hati untuk menentukan website apa yang akan kita jadikan rekanan. Sudah banyak terjadi sebagian besar dari dropshipper tersebut hanyalah scam atau menipu, biasanya mereka menawarkan produk-produk elektronik atau barang bermerk dengan harga yang murah. Tentu harga yang murah tersebut akan menarik para reseller untuk membelinya dan menjual kembali di ebay dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun pada kenyataannya dropship tersebut tidak mengirimkan barang sesuai pesanan kita kepada pembeli di ebay, atau barang yang dikirimkan ke pembeli adalah barang yang palsu, rusak ataupun cacat.

SKEMA SISTEM KERJA DROPSHIP


Keterangan gambar:
1.      Reseller (Anda) memasang item yang dijual di ebay
2.      Buyer membeli barang anda
3.      Buyer membayar barang yang dibeli berserta biaya pengirimannya
4.      Reseller memesan barang ke dropshipper dengan harga grosir
5.      Dropshipper mengirimkan pesanan ke alamat pembeli

Terhitung kurang lebih sudah 4 bulan dari tulisan di blog ini saya menekuni bisnis ebay. Dan terbukti dropship yang saya gunakan sekarang ini mempunyai reputasi yang terpercaya. Dropship ini menawarkan produk yang bisa kita masukan desain atau gambar didalamnya terlebih dahulu sebelum dijual. Kelebihannya adalah kita bebas menentukan harga jual produk tanpa takut barang tidak laku karena penjual lain menjualnya dengan harga lebih murah. Kekuatan nilai jual barang terletak pada desain yang kita masukan pada produk tersebut. Sebagai contoh produk dari dropship ini adalah T-Shirt, Topi, Mousepad, Tas, Jam Tangan dan ratusan barang lainnya. Dari barang tersebut kita bisa memasukan gambar atau desain kedalamnya sebelum dijual. Produk yang telah di desain, preview hasilnya kita pasang di ebay disertakan deskripsi serta harga jualnya, kita tentukan format penjualannya lelang atau fixed price. Tinggal kita tunggu saja kalau desain kita benar-benar lagi tren dan banyak dicari, pasti barang kita laku terjual dan selebihnya kita tinggal memesan barang dari dropship untuk dikirim ke konsumen kita.

Dengan meluangkan waktu beberapa jam saja dari depan komputer, anda bisa melakukan transaksi hingga $250 per hari, dengan keuntungan sekitar $80 bahkan lebih. Rinciannya sebagai berikut, misalkan : harga 1 jam tangan dari dropshipper sebesar $6 termasuk ongkos kirim keseluruh dunia, kemudian kita menjualnya kembali di ebay dengan harga $9 + ongkos kirim $6, total $15 yang dibayarkan pembeli. Selisih harga tersebut dikurangi biaya (fee) dari ebay dan paypal kurang lebih $8. Sisa $8 tersebut adalah laba bersih untuk kita dari menjual 1 item. Apabila dalam sehari kita bisa menjual 10 item maka pendapatan dalam sehari $80. Untuk yang sudah berpengalaman banyak dalam bisnis ini per hari bisa menjual barang lebih dari 20 item.

Dengan mengikuti panduan dari sahabat saya, pada 30 hari memulai berjualan di ebay sudah mendapatkan hasil yang lumayan untuk tingkat pemula. Berikut screenshot hasil penjualan saya selama 30 hari memulai bisnis ini:

2bwr44.jpg

Modal saya cuman membeli VCC seharga 70 rb untuk verifikasi account paypal saya. Kalaupun saya mempunyai kartu kredit untuk verifikasi Paypal, bisnis ini tidak dibutuhkan modal sama sekali untuk memulainya.

Sumber:
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Ebay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar