Senin, 08 November 2010

NOVA GAMA-Bisnis Sinyal


Tugas 4, Manajemen Kewirausahaan
Bisnis Sinyal
NRI : 070213016

BAB.I
PENDAHULUAN


1.1  Latarbelakang Masalah

 Sinyal merupakan sebuah fungsi yang berisi informasi mengenai keadaan tingkah laku dari sebuah sistem secara fisik. Meskipun sinyal dapat diwujudkan dalam beberapa cara, dalam berbagai kasus informasi yang terdiri dari sebuah pola dari beberapa bentuk yang bervariasi. Secara matematis, sinyal merupakan fungsi dari satu atau lebih variable yang berdiri sendiri (independent variable).
Sinyal memegang peranan penting dalam kehidupan modern, karena saat ini  masyarakat tidak lepas dari telekomunikasi terutama handphone, yang mana piranti ini sarat dengan pengolahan sinyal. Tanpa disadari di alam, sinyal juga dapat ditemukan di sekitar manusia dalam bentuk sinyal elektromagnetik tubuh makhluk hidup.Agar sinyal dapat bermanfaat sesuai kebutuhan manusia dengan efisien dan  optimal, maka diperlukan pengolahan sinyal dengan menggunakan suatu sistem  elektronika analog maupun yang digital .Dengan semakin meningkatnya kebutuhan komunikasi dari konsumen atau masyarakat, maka banyak perusahaan-perusahaan atau seseorang yang berinisiatif untuk membuka serta mengembangkan bisnis sinyal.Salah satu contohnya, yaitu:dalam bidang telekomunikasi.




1.2 Perumusan Masalah
      Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan diatas, maka penulis merumuskan masalah  melalui Penulisan Karya Tulis ini adalah: 
1.      “Defenis dari  Bisnis Sinyal?”.
2.      “Tujuan atau Manfaat dari  Bisnis Sinyal?”

1.3 Tujuan Penyusunan Karya Tulis
            Berdasarkan masalah yang telah diuraikan di atas maka karya tulis ini bertujuan:
3.      Untuk mengetahui ”Defenis dari  Bisnis Sinyal”.
4.      Untuk mengetahui “Tujuan atau Manfaat dari  Bisnis Sinyal” .

1.4 Manfaat Penyusunan Karya Tulis
     1. Memberikan wawasan mengenai Bisnis Sinyal dalam kehidupan kita.
     2. Hasil karya tulis ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para pembaca pada umumnya     dan bagi penulis bagi khususnya.









BAB.II
PEMBAHASAN

“ BISNIS SINYAL “

v  PENGERTIAN BISNIS
Berikut merupakan sumber-sumber yang menerangkan tentang pengertian bisnis. Secara harfiyah Bisnis berasal dari kata business →busy → sibuk. “Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”. Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya (ilmu ekonomi).
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu system yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat, T Chwee,1990].
Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atauj asa yang bertujuan untuk mendapat kankeuntungan [Griffin & Ebert].
Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melaluitransaksi

v  TUJUAN BISNIS
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
  a). Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
b). Innovation, yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.
c). Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
d). Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
e). Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
f). Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.






v  PENGERTIAN BISNIS SINYAL

Sinyal adalah sebuah fungsi yang berisi informasi mengenai keadaan tingkah laku dari sebuah sistem secara fisik. Meskipun sinyal dapat diwujudkan dalam beberapa cara, dalam berbagai kasus, informasi terdiri dari sebuah pola dari beberapa bentuk yang bervariasi. Sebagi contoh sinyal mungkin berbentuk sebuah pola dari banyak variasi waktu atau sebagian saja.Secara matematis, sinyal merupakan fungsi dari satu atau lebih variable yang berdiri sendiri
(independent variable). Sebagai contoh, sinyal wicara akan dinyatakan secara matematis oleh tekanan akustik sebagai fungsi waktu dan sebuah gambar dinyatakan sebagai fungsi ke-terangan
(brightness) dari dua variable ruang (spatial). Sinyal juga merupakan suatu isyarat untuk melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. Biasanya sinyal ini berbentuk tanda-tanda, lampu-lampu, suara-suara, dll.
Ø  Sinyal analog adalah sinyal yang mempunyai nilai untuk setiap waktu, sinyal ini bersifat   kontinyu terhadap waktu.
Ø  Sinyal digital adalah sinyal yang tidak untuk setiap waktu terdefinisi, sinyal ini bersifat diskrit terhadap waktu. Sinyal digital berasal dari sinyal analog yang disampling, yang artinya mengambil nilai suatu sinyal analog mulai t=0, t=.t, t=2.t, t=3.t dan seterusnya.
            Beberapa contoh penerapan dari Sinyal adalah:
a)      Merupakan salah satu elemen penting dalam dunia perkeretaapian seperti halnya rel dan sarana gerak. Sinyal termasuk dalam kategori prasarana yang menunjang kelancaran dan keamanan dari perjalanan kereta api. Tanpa adanya sinyal, niscaya kereta api tak akan bisa berjalan dengan lancar sampai ke tujuan (suatu tanda untuk melanjutkan atau meneruskan perjalanan ke tempat/stasiun berikutnya, dan biasanya sinyal ini dikirimkan oleh stasiun yang terkait).
b)      Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
                                i.            Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :Pager, televisi, dan radio.
                              ii.            Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
                            iii.            Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.
Untuk bisa melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu :
·         Informasi : merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan
·         Pengirim : merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim
·         Media transmisi : alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh.
·         Penerima : menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan.
Misalnya:
Fungsi Komponen Handphone/ Ponsel dan Telepon  :
                                i.            ANTENA
Fungsinya sebagai Penangkap dan Pemancar Gelombang Signal yang diterima oleh Pesawat Telepon Selular
                              ii.            SWITCH ANTENA
Fungsinya sebagai Duplixer / Pemisah antara Signal RX (Penerimaan) dengan Signal TX (Pemancaran), dan bisa juga disebut sebagai Terminal pada Pesawat telepon Selular
                            iii.            FILTER RX
Fungsinya Sebagai penyaring / pembagi frekwensi yang diinginkan / yang akan diterima, agar sinyal menjadi lebih bersih yang akan diterima oleh Pesawat Telepon Selular
                            iv.            PENGUAT RX (TRANSISTOR)
Fungsinya Sebagai penguat frekwensi penerimaan yang telah disaring oleh Filter RX sebelum diproses lebih jauh oleh Pesawat Telepon Selular
                              v.            IC RF PROCESSOR
Fungsinya Sebagai pengontrol sinyal RX (masuk) dan TX(keluar), agar setiap bagian dapat bekerja baik, Komponen ini terdiri dari beberapa bagian seperti : IF,
                            vi.            MIXER, OSCILATOR, DETECTOR, ENCODER, DECODER, AFC, TONE FREQUENCY, SQUELCH
VCO (VOLTAGE CONTROL OSCILATOR)
Fungsinya : Sebagai Oscilator / Pembangkit frekwensi yang akan dikirim melalui bagian TX (Pemancaran) dan memeriksa Frekwensi yang masuk melalui bagian RX (Penerimaan) agar tetap sama dengan yang di pancarkan. Dan juga untuk mengatur tegangan pulsa dari RF Signal Processor.
                          vii.            FILTER TX
Fungsinya Sebagai penyaring / pembagi frekwensi yang akan dikirim atau di pancarkan sebelum diperkuat lagi oleh komponen lain yang terdapat di dalam Pesawat Telepon Selular
                        viii.            IC P.A (POWER AMPLIFIER)
Fungsinya Sebagai penguat Akhir signal yang akan di pancarkan melalui komponen switch antena yang terdapat didalam Pesawat Telepon Selular
                            ix.            POWER DETECTOR
Adalah transistor yang mendeteksi, kuat lemahnya Signal dan mengirimkan data kepada CPU untuk diolah dan kemudian memberikan data keseluruh komponen terkait, Khususnya dengan Hardware yang berkaitan dengan Signal
                              x.            IR T/R Dioda
Sebagai pemancar dan penerimaan frequency data dengan menggunakan cahaya infra merah, digunakan untuk mengiring dan menerima data aplikasi software, tanpa perlu kabel data.
Bluetooth
Komponen ini pemancar dan penerimaan frekuensi data dengan menggunakan gelombang radio atau gelombang frekuensi dengan fungsi-fungsi yang sama dengan infra red
                            xi.            SPEAKER
Suatu alat untuk keluarnya suara yang sebelumnya hanyalah getaran listrik dan diubah menjadi suara dengan melalui IC Audio, yang diterima oleh CPU untuk mengeluarkan suara yang terdapat dalam Pesawat Telepon Selular
                          xii.            MICROPHONE
Suatu alat untuk berbicara dan cara kerjanya ialah mengubah getaran suara menjadi getaran listrik agar suara yang diterima bisa diproses oleh komponen Pesawat Telepon Selular lainnya
                        xiii.            SIM CARD
Identitas diri dari setiap Pesawat Telepon Selular yang sedang aktif tergantung dari provider sim card yang digunakan, dengan cara diproses oleh CPU yang terdapat dalam Pesawat telepon Selular
                        xiv.            C.P.U
Pusat pengolahan data yang terdapat pada seluruh elemen atau komponen yang bekerja didalam Pesawat Telepon Selular seperti memerintah komponen terkait untuk bekerja sesuai kebutuhan dan dapat menerima informasi dari masing – masing komponen Contoh : Memerintahkan IC Power Supply untuk mensupply Tegangan/ arus keseluruh bagian Pesawat Telepon Selular, memerintahkan LCD untuk menampilkan Aktifitas pada Pesawat Telepon Selular, memerintahkan IC Flash untuk menyimpan data dan mengeluarkannya pada saat dibutuhkan, memeriksa data dari Sim Card yang masuk melalui IC Power Supply, menerima perintah data dari Keypad untuk di proses.
                          xv.            RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)
Menyimpan data sementara dan membantu kinerja CPU.semakin besar kapasitas RAM semakin baik kinerja CPU.
                        xvi.            IC FLASH
Adalah tempat penyimpanan Data pada Pesawat Telepon Selular, yang sifatnya sementara karena datanya dapat dirubah ataupun ditambah
                      xvii.            EEPROM
Tempat penyimpanan data utama yang permanent atau data pabrik, dan bekerja tidak dengan ada atau tidak adanya arus listrik pada ponsel, karena mempunyai daya listrik tersendiri. Sedangkan letaknya terdapat pada IC AUDIO
                    xviii.            IC REGULATOR
Untuk mengatur tegangan, agar dapat diatur sesuai kebutuhan masing-masing komponen terkait, dan juga sebagai pengkontrol dari IC Charging yang dikendalikan oleh CPU.
                        xix.            IC CHARGE
Komponen yang bekerja secara otomais pada saat pengisian dan kerjanya hanya untuk mengisi tegangan battry yang dikendalikan oleh CPU melalui IC Regulator
                          xx.            IC AUDIO
Pengolah sinyal suara yang masuk dari IC RF, diperkuat dan diteruskan ke Speaker, memperkuat getaran suara yang telah dirubah Mic menjadi getaran listrik kemudian diteruskan ke IC RF, menjalankan perintah dari CPU dan Pada IC Audio juga terdapat PCM ( Pulse Code Module ) dan EEPROM yang berfungsi membaca kode sinyal yang datang dari operator untuk disesuaikan dengan Imei Ponsel juga menyimpan data-data yang bersifat permanen seperti : Imei, Phone Code, Sec.Code
                        xxi.            LCD (Liquit Cell Disply)
Alat yanga akan menampilkan semua kegiatan / aktifitas dari pada Pesawat Telepon Selular
                      xxii.            KEY PAD
Alat yang memberikan perintah data kepada CPU untuk di proses dan akan dikirimkan kepada komponen lain yang terkait dalam Pesawat Telepon Selular
                    xxiii.            IC INTERFACE
  Pengontrol data yang diperintahkan oleh CPU untuk Vibrator, Buzzer, lampu dan bersifat sebagai saklar otomatis dalam Pesawat Telepon Selular
                    xxiv.            BATTERY
Sumber Arus listrik / Tegangan yang diperlukan untuk memberikan arus listrik kepada Pesawat Telepon Selular
                      xxv.            FLEXIBLE
Penghubung antara komponen satu dengan komponen lainnya
c). Perangkat GPS menerima sinyal dari satelit dan kemudian melakukan perhitungan sehingga pada tampilan umumnya kita dapat mengetahui posisi (dalam lintang dan bujur), kecepatan, dan waktu. Disamping itu juga informasi tambahan seperti jarak, dan waktu tempuh. Posisi yang ditampilkan merupakan sistem referensi geodetik WGS-84 dan waktu merupakan referensi USNO (U.S. Naval Observatory Time).
      Serta beberapa contoh lainnya, yakni: Internet, fax, pager, dan push talk.
            Secara umum, variable yang berdiri sendiri (independent) secara matematis diwujudkan
dalam fungsi waktu, meskipun sebenarnya tidak menunjukkan waktu.
Terdapat 2 tipe dasar sinyal, yaitu:
1. Sinyal waktu kontinyu (continous-time signal)
2. Sinyal waktu diskrit (discrete-time signal)
Pada sinyal kontinyu, variable independent (yang berdiri sendiri) terjadi terus-menerus dan kemudian sinyal dinyatakan sebagai sebuah kesatuan nilai dari variable independent. Sebaliknya, sinyal diskrit hanya menyatakan waktu diskrit dan mengakibatkan variabel independent hanya merupakan himpunan nilai diskrit.
Jadi,dapat disimpulkan bahwa:
Bisnis Sinyal adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang  atau  sekelompok orang yang menyangkut tentang sebuah fungsi yang berisi informasi mengenai keadaan tingkah laku dari sebuah sistem secara fisik (suatu isyarat untuk melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. yang berbentuk tanda-tanda, lampu-lampu, suara-suara, dll). Misalnya: dalam bentuk perdagangan telekomunikasi,yaitu:HP/telepon dan GPS.

v  PENGERTIAN SISTEM SINYAL

Sistem adalah rangakaian dari beberapa sub sistem yang terkait satu dengan lainnya yang akan digunakan bersama-sama untuk mencapai tujuan atau merupakan kumpulan dari bagian-bagian yang saling berintegrasi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu( suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling  berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu).
Dengan demikian maka Sistem Sinyal  adalah rangkaian tindakan dan perangkat yang mendukung tindakan kegiatan yang dilakukan seseorang  atau  sekelompok orang yang menyangkut tentang sebuah fungsi yang berisi informasi untuk mencapai tujuan.

v  TUJUAN BISNIS SINYAL:

Tujuan Penyelenggaraan Bisnis/Usaha Sinyal:
1)      Untuk mencapai laba/keuntungan setra tanggung jawab suatu kegiatan yang dilakukan (seseorang atau sekelompok orang) mengenai sebuah bisnis dalam melaksanakan dan mencapai tujuannya.
2)      Untuk  memberikan/ menyediakan Pelayanan yang memuaskan bagi konsumennya(mempermudah kita dalam malaksanakan suatu kegiatan kerja atau bisnis serta malakukan komunikasi jarak jauh dengan keluarga atau kerabat kita).
3)      Memperoleh biaya yang efektif dan serta dinamika kerja/sistem yang profesional serta handal, untuk meningkatkan pengetahuan dan mengurangi resiko.
v  Bebarapa macam tentang problem sinyal, diantaranya :
1. Signal lemah
2. Signal naik turun
3. Signal pada lokasi tertentu
4. Signal 5 detik
5. No signal
6. Signal 112 only
7. Signal drop
8. Signal semu
9. Signal sim tertentu




BAB.III
PENUTUP
                                                                             
v  KESIMPULAN
Setelah melihat seluruh  Uraian dan  Pembahasan di atas,dapat disimpulkan bahwa:
1. Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
2. Sinyal adalah sebuah fungsi yang berisi informasi mengenai keadaan tingkah laku dari sebuah sistem secara fisik.
3   Sistem Sinyal  adalah rangkaian tindakan dan perangkat yang mendukung tindakan kegiatan yang dilakukan seseorang  atau  sekelompok orang yang menyangkut tentang sebuah fungsi yang berisi informasi untuk mencapai tujuan.
4. Bisnis Sinyal adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang  atau  sekelompok orang yang menyangkut tentang sebuah fungsi yang berisi informasi mengenai keadaan tingkah laku dari sebuah sistem secara fisik (suatu isyarat untuk melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. yang berbentuk tanda-tanda, lampu-lampu, suara-suara, dll). Misalnya: dalam bentuk perdagangan telekomunikasi,yaitu:HP/telepon dan GPS.
5. Tujuan Penyelenggaraan Bisnis Sinyal,adalah:
1)      Untuk mencapai laba/keuntungan setra tanggung jawab suatu kegiatan yang dilakukan (seseorang atau sekelompok orang) mengenai sebuah bisnis dalam melaksanakan dan mencapai tujuannya.
2)      Untuk  memberikan/ menyediakan Pelayanan yang memuaskan bagi konsumennya (mempermudah kita dalam malaksanakan suatu kegiatan kerja atau bisnis serta malakukan komunikasi jarak jauh dengan keluarga atau kerabat kita).
3)      Memperoleh biaya yang efektif dan serta dinamika kerja/sistem yang profesional serta handal, untuk meningkatkan pengetahuan dan mengurangi resiko.


v  SARAN

      Setelah membaca hasil karya tulis di atas,penulis menyadari bahwa karya tulis ini  masih jauh dari kesempurnaan.Oleh sebab itu di butuhkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari para pembaca sekalian demi kesempurnaan makalah ini di masa yang akan datang.Serta dalam Bisnis Sinyal ini, perlu di tingkatkannya cara dalam Bisnis Sinyal  bagi setiap Negara khususnya Indonesia karena Bisnis Sinyal di Indonesia masih terhitung minimum.Padahal Bisnis Sinyal ini merupakan salah satu sarana dalam menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan, dimana juga dapat mempermudah kita dalam malaksanakan suatu kegiatan kerja atau bisnis serta malakukan komunikasi jarak jauh dengan keluarga atau kerabat kita.




















DAFTAR PUSTAKA

1.      putri.student.umm.ac.id/2010/01/22/ - Tembolok
2.      infoduniafilan89.blogspot.com/.../transmisi-analog-transmisi-digital.html - Tembolok
3.      www.artistarefill.com/keuntungan-bisnis-pulsa-di-situs-web-cv-artista-graha-61.xml - Tembolok
4.      digilib.petra.ac.id/.../jiunkpe-ns-s1-2008-33403142-9829-belhotel_borneo-chapter2.pdf - Miri
6.      www.96147.com/no/definisi%20penguatan%20sinyal.html - Tembolok
7.      www.ficomaulana.com/category/online-bisnis/ - Tembolok
8.      tanyasaja.detik.com/.../23302-apa-pengertian-sinyal- - Tembolok - Mirip
10.  www.scribd.com/doc/35541156/BAB-II-TA-E-Bisnis - Tembolok
11.  agungpia.multiply.com/.../Ukuran_Keberhasilan_Komunikasi_Bisnis - Tembolok - Mirip
12.  www.scribd.com/doc/35541156/BAB-II-TA-E-Bisnis - Tembolok
13.  www.unhas.ac.id/.../Microsoft_Word_-_Modul_1_APSI_-_Pengertian_Sistem_dan_Analis.pdf - Mirip
14.  agungpia.multiply.com/.../Ukuran_Keberhasilan_Komunikasi_Bisnis - Tembolok - Mirip
15.  id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis - Tembolok
16.  massofa.wordpress.com/.../bahasan-sepintas-tentang-komunikasi-bisnis/ - Tembolok - Mirip







Tidak ada komentar:

Posting Komentar