Minggu, 21 November 2010

Tirza Kawengian - 070213021 - Bisnis Informasi


BISNIS INFORMASI

I.         PENDAHULUAN
Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.
Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.
Informasi merupakan fungsi penting untuk membantu mengurangi rasa cemas seseorang. Menurut Notoatmodjo (2008) bahwa semakin banyak informasi dapat mempengaruhi atau menambah pengetahuan seseorang dan dengan pengetahuan menimbulkan kesadaran yang akhirnya seseorang akan berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk dapat menentukan kualitas suatu informasi, yaitu :
·           Akurat
Informasi dikatakan akurat yaitu informasi harus jelas mencerminkan maksud yang disampaikan dan harus bebas dari kesalahan-kesalahan serta tidak bias  atau menyesatkan.
·           Tepat Waktu
Informasi yang dikirimkan dan sampai kepada penerima informasi haruslah tepat waktu dan tidak boleh terlambat.
·           Relevan
Informasi dikatakan relevan apabila informasi tersebut harus bermanfaat bagi si penerima informasi. Relevan isi informasi yang diterima oleh masing-masing penerima sangatlah berbeda-beda.


Nilai dari suatu informasi ditentukan dari 2 hal, yaitu manfaat informasi dan biaya mendapatkan informasi. Informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.
Pentingnya suatu informasi beserta nilai yang terkandung di dalamnya pada masa sekarang dimana segala aspek kehidupan sedang bertumbuh dengan pesatnya menjadi dasar munculnya bisnis informasi. Dimana dengan informasi seseorang/organisasi/perusahaan dapat memenuhi kebutuhan orang lain sekaligus memperoleh laba dari informasi itu sendiri. 


II.      BISNIS INFORMASI
Bisnis informasi memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Mulai dari sumber informasinya, pengolahan informasi sampai pada distribusinya (lewat media cetak maupun media elektronik).
Misalnya suatu untuk memperoleh informasi atau berita tentang kejadian-kejadian terkini orang membeli koran (media cetak). Hal sederhana seperti ini sudah mencerminkan bagaimana bisnis informasi itu. Atau contoh yang lain yaitu suatu perusahaan surat kabar atau stasiun TV harus mengeluarkan biaya demi mendapat informasi yang akurat dan relevan dari narasumbernya. Ini juga adalah bisnis informasi. Jadi ada begitu banyak bisnis informasi yang terjadi di sekitar kita.
Saat ini internet merupakan salah satu media yang menyediakan informasi tanpa batas dari seluruh pelosok dunia. Karena perkembangannya yang begitu pesat, sehingga masyarakat golongan bawah pun bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh internet bahkan dengan cara yang cepat dan mudah kita sudah bisa memperoleh informasi. Ini yang menjadikan internet sebagai fasilitas penyalur informasi yang sangat penting.
Ketersediaan internet bukan hanya membantu orang dalam memperoleh informasi saja, tapi ternyata bisa juga membuka peluang dalam berbisnis yaitu layanan penyediaan informasi digital yang selengkapnya dapat dibaca pada artikel yang saya peroleh berikut ini.





“Berbisnis Informasi Digital Melalui Internet”
Peluang Bisnis Melalui Internet
Penggunaan internet belakangan ini semakin banyak diminati oleh banyak orang karenadirasakan semakin banyak manfaatnya dalam meningkatkan kinerja dan efektivitas kerja.Internet digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepadapelanggan sekaligus meningkatkan keuntungan mereka. Lembaga-lembaga pendidikanberlomba-lomba mempromosikan keunggulan lembaganya melalui internet. Hampar semuabidang usaha berusaha memanfaatkan internet untuk meningkatkan daya saingnya di matakonsumen. Sebaliknya konsumen pun telah memanfaatkan internet dalam memilih produk-produk yang mereka inginkan.
Dewasa ini penggunaan internet tidak terbatas hanya untuk mencari informasi saja,tetapi juga digunakan untuk keperluan lainnya. dengan internet orang yang berada di tempatyang berbeda dan sangat jauh dapat saling berkomunikasi bahkan dapat saling bertemu danberbicara seolah-olah mereka berada di satu tempat yang sama. Proses semacam ini dapatterselenggara melalui teknik yang disebut dengan video streaming. teknologi ini dapatdimanfaatkan misalnya oleh para TKI yang bekerja di luar negeri. Bagi para TKI yangmeninggalkan keluarganya untuk bekerja di luar negeri keberadaan internet untukberkomunikasi menjadikan mereka dapat selalu dekat dengan keluarganya walaupun secarafisik mereka terpisah jauh. Jadi Anda tidak perlu heran apabila melihat seorang TKImemanfaatkan internet untuk bertemu dan berkomunikasi dengan keluarganya untukmelepas rindu. Dengan menggunakan teknik streaming dimungkinkan juga seorang ibuyang sedang berada di luar negeri karena mendapat tugas belajar misalnya dapat memantau perkembangan anaknya yang sedang bersekolah di dalam negeri. Internet telah menjadikan dunia terasa dekat dan dapat dijangkau oleh semua orang.
Selain itu, internet juga sering dimanfaatkan oleh perusahaan atau perorangan untuk mempromosikan produknya. Dengan mempromosikan produknya melalui internetdiharapkan dapat memperluas pasar, sehingga bisa mencapai seluruh tempat di dunia,sekaligus juga meningkatkan keuntungan bisnisnya. Meskipun pengguna internet masihterbatas
Memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi sudah sangat banyak dijumpai disekitar kita, tetapi memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan mungkin belumbanyak yang melakukannya walaupun wacana tentang ini sudah banyak dibicarakan. Salahsatu peluang bisnis yang dijalankan melalui internet adalah layanan penyediaan informasidigital. Ini merupakan suatu bisnis yang sangat menarik dan menantang dan memilikiprospek yang bagus di masa yang akan datang. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yangbesar ataupun proses produksi yang panjang dan rumit yang membutuhkan banyak oranguntuk menjalankannya. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalahkemauan dan ide yang kreatif. Selain itu bisnis ini bisa dijalankan seorang diri dan dikerjakandari rumah.
Bayangkanlah suatu bisnis yang dapat dijalankan selama24 jam sehari dan tujuh hariseminggu. Bayangkan keuntungan yang akan kita peroleh ketika kita menjalankan bisnissemacam itu. Bahkan bisnis yang dapat terus berjalan walaupun kita sedang terlelap tidur.Tentu Anda sepakat bahwa bisnis semacam ini sangat menarik dan menguntungkan, bukan?Ini bisa kita dapatkan jika kita menggunakan internet untuk menjalankan bisnis kitatersebut. Bandingkan dengan pekerjaan yang kita jalankan selama ini biasanya hanyaberkisar antara 8 – 10 jam sehari dan lima hari seminggu.
Bisnis ini menjadi semakin besar peluangnya untuk dikembangkan denganmemanfaatkan teknologi ADSL. Teknologi ADSL dapat menyediakan akses internetkecepatan tinggi melalui jaringan telepon yang sudah ada dan telah tersambung ke rumah-rumah dan kantor-kantor. Dengan jaringan yang sudah ada setiap orang dapat mengaksesinternet dari rumah dan dapat menjalankan bisnis melalui internet dari rumah. Jika setiaporang dapat mengakses internet dari rumah maka peluang untuk berbisnis melalui internetmenjadi semakin besar dan keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini menjadi terbuka untuk diraih.

Bisnis Layanan Penyediaan Informasi Digital
Selama ini produk yang ditawarkan melalui internet dapat dikategorikan sebagai barang danjasa. Penjualan produk berupa barang dan jasa memerlukan pengiriman barang dan jasatersebut dari penjual ke pembeli. Dalam hal ini internet dijadikan sebagai media promosiyang memerlukan proses pengiriman barang dan jasa tersebut secara offline.
Berbeda dengan proses di atas, apabila produk yang ditawarkan melalui internet berupainformasi digital maka pembeli dapat langsung mengakses produk tersebut secara onlinetanpa harus menunggu barang atau jasa dikirimkan, tentunya setelah proses pembayarandilakukan. Ini adalah salah satu kelebihan dari bisnis informasi digital. Informasi digitaldapat berbentuk sebuah perangkat lunak (software), sebuah buku elektronik (e-book) atausebuah video tutorial.
Produk berupa informasi digital ini merupakan suatu file dalam bentuk digital yangdisimpan di dalam suatu server. File ini kemudian dimasukkan dalam website internetsehingga dapat dilihat oleh semua orang. Orang yang tertarik ingin membeli produk inisetelah melihat penawarannya di internet dapat mengaksesnya setelah mengirimkankonfirmasi pembayaran dan menerima password untuk membukanya.
Peluang yang ditawarkan oleh bisnis ini adalah bahwa setiap orang mempunyaikesempatan untuk melakukan bisnis informasi digital ini. Dengan kemudahan akses internetyang bisa menjangkau sampai ke rumah-rumah semakin membuka peluang ini. Setiap orangdapat melakukan bisnis ini dan pasar yang dituju sudah ada. Apalagi di tahun-tahun yangakan datang semakin banyak orang yang menggunakan internet. Pasar yang ada bisamencakup dalam negeri bahkan luar negeri. Bayangkan produk yang kita tawarkan bisadilihat oleh orang-orang di seluruh dunia.

Keunggulan Bisnis Informasi Digital
Bisnis informasi digital memiliki keunggulan sebagai berikut:
· Tidak membutuhkan modal yang besar
· Tidak memerlukan proses produksi, karena kita cukup membuat satu file digital dan file tersebut tinggal dicopy (didownload) oleh pembeli. Satu file digital yang kita buat dapat diakses oleh ribuan pembeli/pelanggan. Ini artinya dengan satu file dapat melayani permintaan ribuan pembeli/pelanggan tanpa harus memproduksi secara masal
· Tidak membutuhkan kantor dan gudang untuk menyimpan barang. Dan dapat dikerjakan di rumah sehingga memperkecil biaya produksi
· Tidak memerlukan kurir untuk mengantarkan produk kepada pembeli/pelanggan
· Dapat diselanggarakan secara online yang sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya

Menjalankan Bisnis Informasi Digital
Pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk menjalankan bisnis informasi digital ini. Langkahpertama untuk menjalankan bisnis ini adalah membuat produk informasi digital yang akankita tawarkan melalui internet. Produk tersebut dapat berupa audio file, tutorial (pengajaransuatu mata pelajaran/mata kuliah) ataupun buku elektronik (e-book). Informasi berupa audiofile dapat dibuat dalam bentuk ceramah, pidato, maupun musik dan lagu. Bentuk audio filedapat digabung dengan file yang lain sehingga dapat berbentuk format multimedia. Inisangat cocok untuk penyediaan suatu tutorial tentang suatu pelajaran dengan memuatgambar, teks, dan suara dalam bentuk presentasi multimedia. Apabila kita merasa menguasaisuata pelajaran tertentu dan ingin menginformasikannya kepada orang lain maka ini adalahpeluang untuk anda untuk dapat menjual pengetahuan anda tersebut.
Informasi atau pengetahuan yang dapat kita jadikan informasi digital untuk dijualmelalui internet dapat kita temukan di sekitar kita. Informasi tersebut biasa berupa hobi,profesi, dan lain-lain. Misalnya, profesi kita dalam bidang komputer maka keterampilandalam bidang komputer yang kita kuasai dapat kita jadikan sebagai informasi digital yangakan kita jual. Setiap informasi yang kita punya dan mungkin diperlukan oleh orang lainadalah sesuatu yang dapat kita jadikan sebagai informasi digital.
Oleh karena setiap orang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang paling menonjoldan paling dikuasai, maka setiap orang dapat menghasilkan suatu produk informasi digital.Ini adalah modal dasar untuk terjun ke dalam bisnis informasi digital. Dan semua orangmemilikinya. Siapapun dan dengan profesi apapun dapat melakukan bisnis ini asalkanmemiliki kemauan dan gagasan yang kreatif.
Selanjutnya produk informasi digital yang telah kita buat perlu ditawarkan kepadaorang lain. Dalam hal ini kita memerlukan suatu website di internet tempat semua produkkita ditawarkan. Memiliki website adalah hal yang mutlak diperlukan buat kita di erainternet ini. Website ini dapat berisi informasi tentang produk-produk informasi digital kitayang dapat diakses oleh siapapun di seluruh dunia. Pengetahuan tentang pembuatan websitedan bagaimana meletakkan website di internet diperlukan. Setelah kita memiliki websiteyang sudah berada di internet, maka produk kita sudah bisa dilihat oleh orang lain dan kitatinggal menunggu pesanan dari orang yang memerlukan produk yang kita buat tersebut.
Selain itu, kita juga perlu membuat produk-produk yang lain untuk meningkatkankeuntungan dari bisnis kita karena semakin banyak produk yang ditawarkan semakin banyakkemungkinan orang untuk membeli produk kita dan sekaligus memperbesar keuntunganyang bisa didapat. Dari uraian di atas kebutuhan akan akses internet yang mudah dan cepatsangat diperlukan untuk menjalankan bisnis ini. Salah satu alternatifuntuk mengaksesinternet kecepatan tinggi adalah dengan menggunakan teknologi ADSL yang ditawarkanoleh PT Telkom.
Sesungguhnya semenjak teknologi internet ini mulai berkembang secara luaspenggunaannya, pengetahuan tentang internet menjadi sangat penting untuk diketahui danpelajari. Pengetahuan ini penting mengingat di tahun-tahun mendatang internet mungkinakan digunakan oleh setiap orang untuk melakukan berbagai aktivitasnya. Internet akanmenjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hal ini telah tampak hari ini di mana internettelah digunakan secara luas. Jadi, mulailah belajar apa-apa yang perlu diketahui tentanginternet dan selanjutnya mulailah memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan.
Memiliki website sendiri merupakan suatu kebutuhan yang penting belakangan ini.Melalui website yang kita miliki kita dapat melakukan banyak hal dan bermanfaat untukorang banyak. Jika ilmu yang kita miliki kita tulis dan kita taruh di website kita, maka ilmutersebut akan dibaca oleh orang banyak. Ini merupakan suatu amalan yang sangat baik buatkita sebagai umat beragama. Apabila kita menganggap apa yang kita tampilkan di websitesangat penting dan pantas mendapatkan bayaran maka kita dapat menjual informasi (ilmu) tersebut. Inilah yang kita sebut berbisnis informasi digital.



III.    PENUTUP
·           Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan informasi.
·             Pentingnya suatu informasi beserta nilai yang terkandung di dalamnya pada masa sekarang dimana segala aspek kehidupan sedang bertumbuh dengan pesatnya menjadi dasar munculnya bisnis informasi. Dimana dengan informasi seseorang/organisasi/perusahaan dapat memenuhi kebutuhan orang lain sekaligus memperoleh laba dari informasi itu sendiri. 
·             Bisnis informasi memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Mulai dari sumber informasinya, pengolahan informasi sampai pada distribusinya (lewat media cetak maupun media elektronik).
·             Informasi tersebar di seluruh dunia dan kita memerlukan cara bagaimana memperoleh informasi tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi maka orang menciptakan internet. Dengan adanya internet setiap orang mendapatkan kesempatan memperoleh informasi dari tempat-tempat yang jauh tanpa harus mendatang tempat tersebut. Informasibisnis sampai ilmu pengetahuan yang tersebar di seluruh dunia dapat kita cari melalui internet. Internet telah memberikan jalan bagi kita untuk memperoleh informasi dengan mudah dan cepat.
·             Perkembangan yang cepat dari teknologi informasi khususnya internet telah membuka suatu peluang bisnis baru, yaitu layanan penyediaan informasi digital melalui internet.





REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar